Sukses

Perahu Restu Ibu Hilang di Perairan Nusakambangan, Ditemukan Ember dan Umbul Jaring

Perahu Restu Ibu yang berawak dua orang dilaporkan hilang kontak di sekitar perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Munggu (6/8/2023)

Liputan6.com, Cilacap - Perahu Restu Ibu yang berawak dua orang dilaporkan hilang kontak di sekitar perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (6/8/2023).

Informasi yang diperoleh Basarnas Cilacap, perahu tersebut mengalami kecelakaan air.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa, menjelaskan pada Sabtu (5/8/2023) sekitar pukul 16.00 Wib, Perahu Restu Ibu berwarna kuning dengan dua orang nelayan berangkat dari Pantai Teluk Penyu untuk pergi melaut ke perairan Nusakambangan.

Hingga pukul 00.00 Wib, kedua nelayan tersebut belum juga pulang. Kemudian pada Minggu (6/8) pukul 02.00 Wib, ditemukan tutup ember dan umbal jaring di sekitar Selok Pipa Nusakambangan oleh nelayan sekitar.

Akan tetapi, perahu Restu Ibu tak tampak.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Pencarian

“Kami mendapatkan informasi tersebut dari HNSI Cilacap. Nelayan di sekitar perairan Nusakambangan sudah melakukan upaya pencarian namun belum juga menemukan survivor. Selanjutnya kami berangkatkan 1 tim rescue menuju lokasi kejadian," jelasnya, Minggu malam.

Adapun nelayan yang sedang dalam pencarian yakni tekong bernama Saring (40), dan ABK bernama Turiman (50). Keduanya berasal dari Jalan Kebonjati RT 03 RW 07 Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.

Upaya pencarian hari pertama ini yaitu pemantauan di Dermaga Navigasi Karang Tengah untuk koordinasi dengan nelayan dan melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) dan Rubber Boat di sekitar lokasi kejadian.

“Namun upaya pencarian hingga pukul 17.00 Wib masih nihil. Operasi SAR dihentikan sementara dan akan dilanjutkan Senin (7/8) pukul 07.00 Wib," ucap Adah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.