Sukses

Deretan Kuliner Rujak Khas Indonesia dengan Rasa Unik dan Segar

Dikenal dengan beragam variasi di seluruh nusantara, rujak menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia dan punya banyak penggemar

Liputan6.com, Jakarta - Ragam kuliner nusantara dapat dengan mudah dinikmati saat Anda berwisata sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya kuliner rujak yang ada di setiap daerah.

Rujak merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sudah dikenal sejak lama. Makanan ini merupakan perpaduan unik antara buah-buahan segar dengan saus pedas manis yang khas.

Dikenal dengan beragam variasi di seluruh nusantara, rujak menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Saus rujak merupakan kunci kelezatan hidangan ini.

Saus ini terbuat dari campuran bumbu seperti cabai, gula merah, tamarind, garam, dan terkadang tambahan kacang atau ebi. Rasa manis, pedas, dan asam dalam saus ini memberikan kesan menyegarkan pada rujak.

Beberapa variasi saus rujak juga menggunakan petis atau kecap manis untuk memberikan sentuhan khas. Rujak dapat disajikan dalam berbagai cara, ada yang disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan ada juga yang dipotong dadu.

Beberapa versi rujak juga ditaburi dengan kacang tanah, kerupuk, atau potongan krupuk udang untuk memberikan tekstur yang lebih nikmat. Rujak dapat dinikmati sebagai hidangan pembuka, camilan, atau makanan penutup, tergantung pada selera masing-masing.

Rujak Soto

Dalam hidangan ini, irisan buah-buahan segar seperti mangga, jambu biji, dan nanas dicampur dengan bumbu soto yang khas. Rujak Soto memberikan sensasi rasa yang unik dengan perpaduan antara manis, pedas, dan gurih.

Rujak Cingur

Rujak Cingur menggunakan cingur, yaitu potongan mulut dan hidung sapi yang direbus hingga empuk, sebagai salah satu bahan utamanya. Dalam sajian ini, cingur dicampur dengan irisan mentimun, kacang panjang, dan buah-buahan seperti mangga dan bengkuang. Rasanya yang khas dan kuah petis yang menggugah selera menjadikan Rujak Cingur favorit banyak orang.

 

SImak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rujak Indonesia

Rujak Buah

Rujak Buah menjadi pilihan yang paling umum dan populer di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya terdiri dari irisan mangga, nanas, kedondong, jambu biji, dan buah-buahan lainnya. Bumbu rujak yang manis, pedas, dan asam menjadi pelengkap sempurna untuk hidangan ini.

Rujak Petis

Rujak petis memiliki bahan utamanya adalah buah mentimun dan kelapa muda yang dipadukan dengan petis, gula merah, dan cabai. Rujak ini memiliki rasa yang unik dan berbeda dari rujak-rujak lainnya.

Rujak Serut

Rujak Serut atau Rujak Juhi adalah rujak yang menggunakan bahan utama berupa kol dan tahu. Kol dan tahu direbus, diserut, dan dicampur dengan bumbu kacang yang lezat. Topping dari kerupuk udang dan juhi kering menambahkan cita rasa khas pada hidangan ini.

Rujak Aceh

Berasal dari daerah Aceh, Rujak Aceh memiliki karakteristik rasa yang kaya dengan sentuhan kearifan lokal. Buah-buahan seperti mangga, belimbing, dan kedondong dicampur dengan bumbu kacang dan rempah-rempah khas Aceh.

Rujak merupakan kuliner yang penuh dengan variasi dan keunikan di setiap daerahnya. Selain menyegarkan, rujak juga kaya akan kandungan gizi dari berbagai buah-buahan yang digunakan. Cobalah mencicipi berbagai aneka ragam rujak ini untuk merasakan kenikmatan kuliner Indonesia yang otentik. Selamat menikmati!

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.