Sukses

3 Calon Pj Gubernur Jabar Gantikan Ridwan Kamil: Bey Machmudin, Asep Mulyana, dan Keri Lestari

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023. Terkait hal itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mengusulkan tiga nama yang bakal menjadi penjabat gubernur Jabar, yaitu Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Direktorat Jenderal Perundangan Kemenkumham Asep Mulyana, dan Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung Keri Lestari.

"Usulan dari hasil beberapa fraksi, dengan berbagai pertimbangan, maka terpilihlah tiga nama, yakni Asep Mulyana, Keri Lestari, dan Bey Triadi (Machmudin)," kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru'yat. 

DPRD Jawa Barat, kemarin telah menggelar rapat penentuan nama calon penjabat gubernur Jawa Barat. Menurut Achmad, masing-masing fraksi telah mengajukan nama sesuai amanat.

Kini tinggal menunggu usulan tiga nama lain dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelum ditentukan oleh Presiden Joko Widodo siapa yang akan menjadi penjabat gubernur Jawa Barat.

Achmad Ru'yat pun memastikan akan segera melayangkan surat kepada Kemendagri untuk ditindaklanjuti.

Dia berharap siapa pun yang ditunjuk menjadi penjabat gubernur dapat menjalankan peran dan fungsinya secara maksimal.

"Kami berharap sampai nanti Pilkada Jawa Barat, sosok penjabat gubernur Jabar ini dapat melaksanakan tugas dengan sebenarnya dan seoptimal mungkin," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.