Sukses

Mirip Jojo dan Luna, Ini Deretan 'Pernikahan' Anjing yang Sensasional

Anjing memang dikenal sebagai hewan yang setia pada pemiliknya. Tak heran ada perayaan 'menikahkan' anjing peliharaan di berbagai belahan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pencinta hewan peliharaan biasanya memperlakukan peliharaannya secara loyal dan berlebih dengan melakukan perawatan tubuh untuk hewan maupun kesehatan rutin setiap bulannya hingga memberikan ruangan sendiri untuk tempat bermain.

Tak hanya perawatan, sebuah pesta meriah untuk hewan-hewan peliharaan juga pernah terjadi. Baru-baru ini pesta perkawinan sepasang anjing ras alaskan malamute long hair Thailand bernama Jojo dan Luna menghebohkan jagat media sosial.

Resepsi yang dipakai disebut menghabiskan dana hingga Rp200 juta. Adapun pesta pernikahan Jojo dan Luna ini terdiri dari dua acara, yakni pemberkatan dan resepsi.

"Pernikahan" anjing ini berlangsung secara mewah pada Sabtu (15/7/2023) di Central Market Mal, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Acara perkawinan dari anabul tersebut diunggah oleh Instagram @nenaghoib yang merupakan akun dari pemilik hewan tersebut. Terlihat kedua binatang peliharaan menjalani proses resepsi perkawinan layaknya seperti manusia pada umumnya.

Diketahui, Jojo merupakan nama anjing milik Indira Ratnasari sedangkan Luna adalah nama anjing yang dimiliki Valentina Chandra. Hal yang menarik dari acara resepsi tersebut adalah konsep yang digunakan adalah memakai busana dan tradisi adat Jawa.

Sontak "pernikahan" hewan peliharaan menggunakan adat Jawa ini menjadi baru pertama kali di Indonesia yang menarik perhatian warganet. Uniknya, perayaan prosesi ini bukan saja terjadi di Indonesia. Di sejumlah negara, ada perayaan mirip Jojo dan Luna.

Anjing sendiri memang dikenal sebagai hewan yang setia pada pemiliknya. Tak ayal, jika orang-orang kerap memelihara anjing untuk menjadi temannya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber terkait pernikahan anjing yang digelar secara mewah dan sensasional:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

India

Belum lama ini video pernikahan anjing yang menjadi viral membuat pengguna media sosial di seluruh dunia terdiam sekaligus ikut gembira. Video tersebut menunjukkan para tamu undangan yang banyak, bak pernikahan manusia.

Diketahui, seekor anjing dari Desa Saukher di distrik Hamirpur Kanpur menikah dengan seekor anjing dari Desa Parchach. Menariknya, ada hampir 500 tamu undangan selama upacara pernikahan Hindu itu berlangsung.

Menariknya, pernikahan anjing itu dilakukan bak pesta pernikahan manusia. Ada banyak makanan dan minuman, demikian dengan dekorasi yang sama seperti pernikahan khas India.

Dupatta merah terlihat menutupi kostum pengantin anjing wanita. Sementara, pengantin pria anjing tampak mengendarai kendaraan yang dioperasikan dengan baterai saat menuju lokasi pesta pernikahan. Anjing pengantin diberi kiriman 'doli' ke keluarga barunya.

Pengantin anjing itu lalu melakukan pernikahan sesuai adat India. Mereka juga berfoto di pelaminan dengan dikerumuni para tamu undangan yang datang. Selesai acara, anjing juga diarak menggunakan tandu pengantin yang sudah dihias sedemikian rupa. Tampak para tamu yang ikut bersenang-senang dengan pernikahan anjing tersebut.

3 dari 5 halaman

Manado, Indonesia

Sebelum kabar Jojo dan Luna, sebetulnya publik pernah dihebohkan dengan kisah seorang pemilik sekaligus pelatih anjing bernama Phillips Joeng pada 2015 silam. Pria asal Manado tersebut membuat sebuah acara pernikahan mewah untuk dua ekor anjing miliknya jenis Alaska Malamute di Atrium Mega Trade Center, Manado, Sulawesi Utara.

Diketahui pesta yang berlangsung pada Minggu, 8 Februari 2015 tersebut dihadiri lebih dari 100 tamu undangan. Tak hanya sang mempelai yang menjadi sorotan tamu, kue pernikahan yang bertemakan anjing pun turut memeriahkan acara tersebut.

Dalam acara itu tampak kedua mempelai didandani layaknya pengantin manusia. Buls sang mempelai jantan berdandan necis dengan mengenakan kemeja putih dipadukan rompi berwarna hitam serta aksesoris kacamata. Mempelai betina yang bernama Yipa pun terlihat memakai gaun berwarna putih dengan aksesoris bunga di kepalanya.

4 dari 5 halaman

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, pernikahan anjing dibukukan dalam buku Rekor Dunia Guiness. Pada 2022, lebih dari 100 ekor anjing berkumpul di Illinois, Amerika Serikat untuk mengikuti upacara pernikahan anjing terbesar. Penyelenggara menyatakan 66 pasangan anjing ini berkumpul di Lapangan Bisbol Liga Kecil di Illinois, AS untuk dinikahkan bersama-sama.

Acara yang disebut Diamonds in the Ruff tersebut berlangsung sejak 2 September 2022 untuk memecahkan Rekor Dunia Guiness. Namun sangat disayangkan, kehadiran anjing ini tidak berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya yang tercatat di Little Town, Colorado dengan jumlah 178 pasangan anjing sejak 2007.

5 dari 5 halaman

Peru

Sebuah kompeitisi bernama MatriCan yang diadakan di ibu kota Peru, Lima, merayakan hari kasih sayang dengan cara berbeda. Mereka mendandani anjing seolah-olah mereka akan menikah.

Salah satu pemenang dari acara tersebut adalah Cynthia Ceballos. Dengan balutan kostum yang terinspirasi dari pakaian tradisional komunitas Andes, kedua anjing miliknya dinobatkan sebagai pemenang dari kompetisi tersebut.

Diketahui beberapa pemilik anjing lainnya memakaikan kostum yang lebih umum dikenal kepada teman berbulu mereka, seperti dasi kupu-kupu untuk mempelai jantan dan baju putih ala pengantin untuk mempelai betina. Seorang peserta juga menambahkan kerudung untuk mempercantik penampilan peliharaannya.

Selain itu, beberapa kontestan memilih untuk menghias anjing mereka dengan pakaian warna-warni yang cocok untuk musim panas, sesuai dengan cuaca di belahan bumi bagian selatan.

Kemudian, para pemilik akan membantu piaraannya untuk menandatangani surat pernikahan dengan cara mengangkat kaki mereka, lalu menekannya di atas kertas agar perkawinan mereka disahkan. Di penghujung acara, pemilik beserta anjingnya akan mengambil foto bersama untuk mengenang peristiwa spesial tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini