Sukses

Kucurkan Rp 5 M, Grup MIND ID PTFI Garap Kolaborasi Baksos dengan PPAD di Mimika 

MIND ID, PTFI bersama dengan PPAD, Pemda Papua Tengah serta Pemkab Mimika dan Perdami menggelar Baksos "Kitorang Melihat Terang".

Liputan6.com, Mimika - Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama dengan Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD), Pemerintah Daerah Provinsi Papua Tengah dan kabupaten Mimika, juga Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) melaksanakan program bakti sosial bertema Kitorang Melihat Terang. Acara tersebut turut dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baksos Kitorang Melihat Terang tersebut berfokus pada layanan operasi katarak dan bibir sumbing, pelayanan kesehatan umum, gigi, pembagian vitamin, hingga pemberian barang sembako. Sebanyak 78 pasien akan menjalani operasi katarak yang dilakukan dokter dari Perdami.

Sementara, operasi bibir sumbing bakal dilakukan oleh tim dokter dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) dengan jumlah pasien bibir sumbing sebanyak 11 orang.

Grup MIND ID, PTFI menyumbang anggaran sebesar Rp5 miliar yang diberikan dalam bentuk penyediaan paket sembako sebanyak 1.150 paket dalam kegiatan baksos Kitorang Melihat Terang. Selain itu, anggota Grup MIND ID, PTFI pun menanggung biaya transportasi dan akomodasi untuk para dokter dari RSPAD dan Perdami juga PPAD sebagai pelaksana baksos di Timika itu.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding MIND ID, Heri Yusuf mengatakan kegiatan amal tersebut merupakan bentuk dukungan yang terus dilakukan MIND ID beserta anggota perusahaan, dalam hal ini PTFI dalam menggapai tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) khususnya goals 1 tanpa kemiskinan dan goal 3 kehidupan sehat sejahtera.

"Kegiatan ini pun dalam rangka mengenalkan kehadiran Grup MIND ID melalui PTFI di Mimika. Bakti sosial ini tentunya sesuai dengan alur jalan keberlanjutan MIND ID melalui pilar Community and Society di mana kami ikut menyejahterakan masyarakat," kata Heri Yusuf, Kamis (12/7/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Terhadap Masyarakat

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan komitmen kuat Grup MIND ID, PTFI untuk terus memberikan dukungan kepada masyarakat di Kabupaten Mimika khususnya dalam menghadapi masalah kesehatan.

“Ini bagian dari komitmen kami dan tentu saja ini merupakan tambahan dari program sosial kami, seperti program pendidikan, kesehatan dan program lainnya yang sudah berjalan”, ujar Tony.

Ketua Umum PPAD, yang juga merupakan Komisaris Utama MIND ID, Letjen TNI (Purn) Dr. (H.C.) Doni Monardo mengatakan baksos Kitorang Melihat Terang merupakan kegiatan simultan di mana baksos pertama dan kedua dilakukan di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Kegiatan ketiga di Namlea, Kabupaten Buru, Maluku dan Keempat dilaksanakan di Kabupaten Mimika. Untuk kegiatan baksos kelima, rencananya akan dilakukan di Kabupaten Jayawijaya, sekaligus memperingati ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, pada Agustus 2023, mendatang.

Baksos Kitorang Melihat Terang di Kabupaten Mimika pun ditinjau langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin. Doni Monardo mengatakan meski sudah berstatus pensiun, tapi urusan kepedulian terhadap sesama tidak pernah kendor. PPAD terus menunjukkan pengabdiannya terhadap bangsa dan negara.

"Seperti disampaikan Bapak Wakil Presiden, pensiun hanyalah soal administratif. Akan tetapi sebagai bhayangkara negara, tugas pengabdian kepada bangsa terus kami lakukan hingga telinga kami tak mampu lagi mendengar tembakan salvo. Dengan kata lain, sampai akhir hayat di kandung badan," kata Doni Monardo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.