Sukses

Ini Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tulang Punggung Belakang

Terdapat beberapa tips praktis yang dapat Anda terapkan sehari-hari guna menjaga kesehatan tulang punggung belakang.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja dalam posisi duduk berjam-jam dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada tulang punggung belakang. Untuk menghindari keluhan sakit dan masalah yang lebih parah, berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat Anda terapkan sehari-hari:

Pastikan Postur Tubuh yang Benar

Pertahankan postur yang baik saat duduk. Duduk dengan punggung tegak, bahu rileks, dan kaki datar di lantai. Gunakan kursi yang ergonomis dan nyaman dengan dukungan punggung yang memadai. Hindari membungkuk atau melengkungkan punggung Anda.

Sering Berdiri dan Bergerak

Jangan duduk terlalu lama dalam satu posisi. Berdirilah setiap 30 menit atau lebih sering jika memungkinkan. Lakukan beberapa gerakan ringan atau peregangan untuk mengurangi tegangan pada tulang punggung Anda. Melakukan jeda aktif dapat membantu mempertahankan fleksibilitas dan mengurangi risiko cedera.

Penyusunan Meja Kerja

Pastikan meja kerja Anda setinggi siku saat duduk. Hal ini akan membantu menjaga posisi tubuh yang benar dan menghindari tegangan pada tulang punggung. Gunakan bantalan punggung yang mendukung lengkung alami tulang belakang Anda.

Guna mengatasi keluhan-keluhan seperti itu, banyak pusat perawatan kesehatan terkemuka yang menyediakan solusi komprehensif bagi para penderita. Salah satu di antaranya adalah Optimal Body System (OBS), sebuah tempat terapi yang fokus pada pengobatan sistem tubuh manusia dengan menggunakan berbagai metode seperti Deep Tissue Massage, Guasa, Phaksa, Kop/Bekam, serta Bone Setting.

"Kami memahami setiap individu memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda. Oleh karena itu, OBS menawarkan pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap pelanggan. Mereka menggunakan tenaga ahli profesional yang berpengalaman dan alat modern yang canggih, serta berkomitmen untuk memberikan perawatan terbaik yang akan membantu pelanggan mencapai kesehatan optimal," kata pemilik OBS, Lee Ming, Senin (10/7/2023).

Rasa nyeri yang disebabkan oleh saraf yang terjepit dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan saraf yang permanen. Oleh karena itu, perawatan intensif oleh tim ahli OBS dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan memastikan aktivitas sehari-hari tidak terganggu, terutama saat bekerja.

Penelitian juga merekomendasikan perhatian yang tepat terhadap kesehatan tulang belakang dan saraf belakang, karena mobilitas manusia secara umum bergantung pada kesehatan kedua komponen tersebut. Dengan penanganan yang tepat, masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan baik tanpa efek samping yang mungkin timbul dari konsumsi obat-obatan kimia yang tidak diinginkan di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.