Sukses

Fitur Baru WhatsApp Bisa Edit Chat yang Sudah Terkirim, Begini Caranya

Edit chat WhatsApp ini hanya muncul pada pesan yang telah terkirim kurang dari 15 menit. Jika lebih dari 15 menit, maka fitur edit tak lagi muncul.

Liputan6.com, Yogyakarta - Aplikasi percakapan yang banyak digunakan, WhatsApp, telah memperbarui fiturnya. Kini, pengguna WhatsApp bisa mengedit atau menyunting chat yang telah terkirim untuk menghindari typo (salah ketik).

Sebelumnya, WhatsApp hanya memungkinkan penggunanya untuk menghapus pesan terkirim. Kini, pengguna tak perlu lagi menghapus pesan dan menggantinya dengan yang baru karena WhatsApp telah memiliki fitur edit chat atau pesan.

Fitur ini dapat digunakan pada pesan chat pribadi maupun dalam grup chat. Namun, edit chat WhatsApp ini hanya muncul pada pesan yang telah terkirim kurang dari 15 menit. Jika lebih dari 15 menit, maka fitur edit tak lagi muncul.

Sementara itu, untuk pesan yang telah diedit pun akan tertera tulisan 'edited' pada kotak pesan. Sehingga, penerima pesan tetap mengetahui bahwa pesan tersebut telah melalui proses penyuntingan oleh pengirim.

Fitur ini sudah bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS yang memiliki aplikasi WhatsApp terbaru. Cara edit chat Whatsapp sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Kirim pesan kepada seseorang yang ada di kontak WhatsApp

3. Setelah pesan terkirim, untuk pengguna iOS cukup klik atau tekan kotak chat yang ingin diedit hingga muncul pop-up beberapa opsi

4. Selanjutnya, akan muncul pilihan 'edit'

5. Sementara untuk pengguna Android, fitur ini bisa digunakan dengan cara menekan pesan yang akan diedit selama beberapa menit

6. Selanjutnya, pilih menu 'edit' yang ada di menu 'tiga titik vertikal' yang terletak di pojok kanan atas jendela percakapan

7. Setelah mengeklik tombol 'edit', pengguna sudah bisa mengedit pesan WhatsApp tersebut dengan pesan baru

8. Saat sudah diedit, pesan tersebut nantinya akan ditandai dengan label 'edited' lengkap dengan informasi waktu (timestamp) pengiriman pesan pertama sebelum diedit.

Jika pesan yang akan diedit sudah lebih dari 15 menit, maka pengguna harus menggunakan cara lama, yaitu menghapus pesan dan menggantinya dengan yang baru. Terpenting, pengguna harus memiliki aplikasi WhatsApp versi terbaru untuk menggunakan fitur edit chat ini.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.