Sukses

7 Lagu Indonesia Ini Dicap Pemanggil Makhluk Halus, Berani Coba?

Berikut beberapa judul lagu Indonesia yang dipercaya dapat mendatangkan makhluk halus atau hantu:

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi sebagian orang, hal mistis menjadi sesuatu yang cukup menarik perhatian. Tak hanya tentang lokasi angker atau kisah-kisah mistis, tetapi rumor tentang lagu yang bisa mendatangkan hantu juga menjadi salah satu hal yang dipercaya beberapa orang.

Beberapa judul lagu dipercaya dapat mendatangkan hantu saat sedang diputar, terutama pada malam hari. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa judul lagu Indonesia yang dipercaya dapat mendatangkan makhluk halus atau hantu:

1. Boneka Abdi

Lagu 'Boneka Abdi' menjadi populer setelah menjadi soundtrack film 'Danur'. Lagu ini dipercaya mampu mendatangkan makhluk gaib.

Menurut penulis Danur, Risa Saraswati, lagu ini cukup disukai oleh anak-anak zaman kolonial dulu. Namun, bagi masyarakat Sunda, lagu 'Boneka Abdi' merupakan lagu yang kerap dinyanyikan oleh anak-anak.

2. Jelangkung

Permainan jailangkung atau jelangkung memang dipercaya dapat mendatangkan makhluk halus. Bahkan, permainan ini permah difilmkan dengan judul yang sama pada 2001.

Hingga kini, lagu 'Jelangkung' dipercaya sebagai mantra yang dapat mendatangkan hantu melalui media boneka jelangkung. Boneka tersebut akan diberikan alat tulis, sehingga jelangkung akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan cara menulis saat telah dirasuki makhluk halus.

3. Lingsir Wengi

Lagu 'Lingsir Wengi' sangat dipercaya dapat mendatangkan makhluk halus, khususnya kuntilanak. Lagu ini mulai populer setelah menjadi soundtrack film 'Kuntilanak' pada 2006.

Lagu ini memiliki nada yang lembut dan terkesan mistis. Konon, lagu ini diciptakan Sunan Kalijaga pada 1450 M sebagai lagu keagamaan untuk menolak bala dan makhluk halus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Malam Satu Suro

4. Malam Satu Suro

Lagu 'Malam Satu Suro' sebenarnya merupakan lagu Selamat Malam yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata sebagai soundtrack film 'Malam Satu Suro'. Dalam film yang tayang pada 1988 itu, lagu tersebut juga dinyanyikan oleh Suzzanna.

Saat dinyanyikan Suzzanna, lagu tersebut memiliki kesan mistis. Alunan lagu 'Malam Satu Suro' dinilai dapat mendatangkan makhluk halus.

5. Nina Bobo

Lagu 'Nina Bobo' biasa dinyanyikan untuk anak kecil menjelang jam tidur. Meski tak menyiratkan hal-hal mistis, tetapi lagu ini memiliki kisah yang menyeramkan.

Menurut cerita yang beredar, lagu ini diciptakan dan dinyanyikan oleh seorang ibu yang menidurkan anaknya, Helenina Mustika van Rodjnik. Suatu hari, Nina meninggal dunia dan sang ibu terus menyanyikan lagu ini. Hal itu membuat arwah Helenina kembali ke rumahnya.

6. Takdir

Lagu 'Takdir' sempat populer pada 2012 lalu. Pencipta lagu ini pun masih sangat misterius.

Konon, jika menyanyikan lagu ini saat tengah malam, hantu bernama Lita akan muncul. Sementara bagi yang mendengarkan, secara tiba-tiba orang tersebut akan berubah tingkah lakunya, pikirannya kosong, tak bisa mengontrol emosi, hingga akhirnya kerasukan.

7. Tinggal Kenangan

Lagu 'Tinggal kenangan' sempat populer pada masanya. Lagu ini menyimpan kisah misteri yang dipercaya oleh beberapa orang.

Menurut cerita yang beredar, lagu ini mengisahkan tentang kesedihan Gaby karena kematian kekasihnya. Setelah lagu ini tercipta, Gaby pun memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Banyak yang percaya jika menyanyikan lagu ini maka sosok bernama Gaby akan muncul. Meski demikian, cerita tersebut hanya tersebar dari mulut ke mulut. Beberapa sumber menulis, lagu 'Tinggal Kenangan' sebenarnya merupakan sebuah lagu pop yang dinyanyikan oleh Caramel Band.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.