Sukses

Kabar Gembira, PIDI 4.0 Kemenperin Dapat Dikunjungi Masyarakat Umum!

PIDI 4.0 yang dibangun Kementerian Perindustrian guna membantu industri di Indonesia bertransformasi menuju industri 4.0 kini bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) adalah sebuah lembaga pemerintah bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri yang berada di bawah Kementerian Perindustrian. PIDI 4.0 yang dibangun guna membantu industri di Indonesia bertransformasi menuju industri 4.0 kini bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

PIDI 4.0 merupakan bagian dari salah satu program prioritas nasional, yakni Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018. Melalui Making Indonesia 4.0, Indonesia berpotensi menjadi negara di 10 ekonomi teratas dunia pada tahun 2030. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka PIDI 4.0 dibangun dengan visi “menjadi solusi satu atap dalam pengadopsian industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia.”

PIDI 4.0 dapat dikunjungi oleh masyarakat dan terbuka untuk berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pelaku industri, Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga masyarakat umum. Dibukanya PIDI 4.0 untuk masyarakat bertujuan agar masyarakat bisa mengenal teknologi industri 4.0, sehingga bisa lebih siap dalam menghadapi era 4.0.

“Tantangan ke depan tidak hanya cukup dengan menghasilkan SDM yang kompeten saja, namun SDM yang sudah tidak gagap dengan transformasi teknologi 4.0. PIDI 4.0 dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi transformasi tersebut,” ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Masrokhan, Rabu (5/7/2023).

Gedung PIDI 4.0 berlokasi di Jalan Raya Kebayoran Lama No.41 dibuka setiap hari kerja (Senin-Jumat) pukul 09.00 - 16.00 WIB. Sebelum melakukan kunjungan, calon pengunjung diharapkan untuk menghubungi kanal resmi PIDI 4.0, baik melalui telepon maupun e-mail.

PIDI 4.0 memiliki showcase center yang menunjukkan miniatur penerapan teknologi 4.0 pada industri. PIDI 4.0 tleah bekerja sama dengan Toyota Indonesia dalam menyediakan showcase miniatur pabrik otomotif, dari order customization, design, produksi, hingga monitoring. PIDI 4.0 juga bekerja sama dengan Indolakto dalam prototype UHT dan ice cream machine. Proses pembuatan susu UHT dan es krim memanfaatkan teknologi industri 4.0 sehingga lebih efektif dan efisien.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Positif

PIDI 4.0 mendapatkan respon yang positif dari kalangan industri hingga akademisi. "PIDI 4.0 menurut saya merupakan sebuah wadah yang sangat strategis bagi para pelaku industri 4.0 dalam belajar, melihat implementasi teknologi terbaru," ungkap Fadli Hamsani, General Manager Industrial IoT Telkomsel.

Hal senada disampaikan oleh Dr.-Ing.Paryanto, akademi dan konsultan dari Universitas Diponegoro. "PIDI 4.0 sebagai one stop solution bagi berbagai stakeholder dalam menciptakan ekosistem yang kuat dan berkelanjutan untuk mewujudkan aspirasi Making Indonesia 4.0," ujarnya.

Selain mengunjungi showcase center yang berlokasi di lantai dasar PIDI 4.0, pengunjung juga bisa melihat Command Center & Control Room di lantai 2, industry 4.0 laboratorium di lantai 3, test bed facilities di lantai 4, coworking space di lantai 8, dan fasilitas lainnya yang tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.