Sukses

Perbedaan Salat Idul Adha dan Idul Fitri yang Wajib Diketahui

Pelaksanaan salat Idul Adha dan Idul Fitri ternyata mempunyai perbedaan pelaksanaan yang harus diketahui.

Liputan6.com, Bandung - Umat muslim di seluruh dunia saat ini tengah merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Zulhijah. Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri mempunyai perbedaan baik dari waktunya serta maknanya.

Pada Idul Adha, perayaannya dilaksanakan untuk memperingati kurban yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Sedangkan, Idul Fitri mempunyai makna perayaan dari berakhirnya bulan Ramadan.

Termasuk pelaksanaan salatnya, Idul Adha dan Idul Fitri mempunyai perbedaan. Berikut penjelasan perbedaan salat Idul Adha dan Idul Fitri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Sebelum Salat

Ketika akan salat Hari Raya Idul Adha, umat muslim sunah untuk melaksanakan puasa atau tidak mengonsumsi makanan sampai khutbah selesai dan kembali ke rumah.

Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri, para umat muslim justru dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sebelum melaksanakan salat. Maka dari itu, terdapat perbedaan yang jelas sebelum pelaksanaannya.

 

3 dari 3 halaman

Perbedaan Waktu

Pelaksanaan salat Idul Adha dan Idul Fitri mempunyai perbedaan waktu. Ketika salat Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakannya lebih pagi.

Sedangkan, salat Idul Fitri bisa dilaksanakan lebih siang sedikit daripada Idul Adha.

Adapun Salat Idul Adha dilaksanakan lebih cepat agar setelah melaksanakan salat bisa langsung dilanjutkan dengan pelaksanaan penyembelihan.

Sedangkan, pada saat Idul Fitri lebih siang sedikit agar memberikan kesempatan untuk orang-orang yang hendak membayar zakat fitrah serta makan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini