Sukses

Petilasan Sendang Siwani Jadi Sasaran Bersih-bersih Warga

warga bersama polisi wilayah Wonogiri lakukan bersih-bersih pada tempat bersejarah.

Liputan6.com, Wonogiri Sendang Siwani adalah salah satu petiasan (persinggahan) yang pernah didatangi Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa. Sendang atau kolam itu berada di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, dan menjadi salah satu lokasi pembersihan warga masyarakat bersama Polres Wonogiri dalam rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke-77.

Tak hanya Sendang Siwani yang menjadi sasaran bersih-bersih aset sejarah, namun Masjid Tiban yang berada di Wonokerso di Kecamatan Baturetno. Kedua tempat tersebut adalah tempat bersejarah yang pernah disinggahi oleh Pangeran Sambernyawa.

Kapolres Wonogiri, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada turut serta membersihkan dua tempat bersejarah itu, dan mengganti warna cat di tempat itu yang warnanya sudah mulai usang.

"Bakti religi itu diwujudkan dengan revitalisasi dalam bentuk pengecatan dan pembersihan pada petilasan itu. Ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap leluhur," kata Kapolres Andi Waspada, Rabu (21/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya Budaya

Menurutnya, budaya nusantara yang adiluhung membuat Indonesia dikenal oleh negara-negara lain sebagai negara yang kaya akan budaya dan tradisi.

Dirinya berharap kegiatan tersebut bisa terus dilakukan tanpa menunggu momentum tertentu agar petilasan bersejarah itu tetap bagus dan bisa menjadi tujuan wisata wilayah Kota Gaplek itu.

"Semua anggota harus bersungguh-sungguh dan maksimal dalam kegiatan bakti religi ini. Ini untuk menjaga peninggalan sejarah di wilayah kita," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.