Sukses

4 Urutan Doa Menyembelih Hewan Kurban, Jangan Sampai Salah

Bagi umat muslim menyembelih hewan kurban saat Idul Adha adalah bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan. Ketahui tata caranya.

Liputan6.com, Bandung - Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang bertepatan dengan hari Kamis 29 Juni 2023 tinggal menghitung hari dalam pelaksanaannya.

Pemerintah Indonesia pun telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Adha 2023 kali ini selama tiga hari yakni dari 28 - 30 Jui 2023.

Hari raya kedua umat muslim usai Idul Fitri ini, kerap juga disebut Idul Kurban. Pasalnya terdapat perintah Allah untuk memotong hewan seperti sapi, domba, kambing dan sejenisnya untuk dibagikan kepada masyarakat.

Dalam menyembelih hewan kurban ini terdapat tata cara dan urutan doa. Mengutip islam.nu.or.id, Rabu, 21 Juni 2023, penyembelihan hewan kurban adalah bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan.

Untuk menyempurnakan ibadah itu, umat muslim dianjurkan untuk berdoa ketika penyembelihan hewan kurban.

Inilah doa yang dibaca sesaat sebelum hewan kurban kita disembelih. Doa ini dibaca dengan harapan Allah menerima ibadah kurban kita.

'Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm.'

Artinya, 'Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.'

Doa ini bisa ditemukan antara lain di buku Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam karya Sayid Utsman bin Yahya atau Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten.

Namun, ada sejumlah doa yang dianjurkan ketika akan mengambil ancang-ancang untuk menyembelih hewan kurban. Hal ini ditunjukkan oleh Syekh M Nawawi Banten dalam Tausyih ala Ibni Qasim.

Menurutnya, sebelum menghadapkan hewan kurban ke kiblat dan siap menggoreskan senjata tajam, dianjurkan membaca bismillâh, lengkap dan sempurnanya bismillâhir rahmânir rahîm.

Setelah itu dianjurkan membaca sholawat untuk Rasulullah SAW, bertakbir tiga kali. Setelah menghadap kiblat dan sesaat sebelum menyembelih, dianjurkan membaca doa menyembelih seperti di atas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut ini urutkan bacaan doanya

1. Baca 'Bismillâh', artinya 'Dengan nama Allah'. Lebih sempurna dengan membaca 'Bismillâhir rahmânir rahîm', artinya, 'Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.'

2. Baca sholawat untuk Rasulullah SAW. 'Allahumma shollii wa sallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad.' Artinya, 'Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.'

3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali'Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd.' Artinya, 'Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.'

4. Baca doa menyembelihAllâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm. Artinya, 'Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.'

Adapun takbir pada poin ketiga bisa juga dibaca sebelum bismillah pada poin pertama. Demikian doa yang dianjurkan dalam rangkaian upacara penyembelihan hewan kurban.

Keterangan ini bisa ditemukan antara lain di buku Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh M Nawawi Banten.

Ibadah harus sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh ajaran agama. Tentunya agar ibadah berkurban sempurna, tidak ada salahnya kalau mengamalkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.