Sukses

Kisah Wafatnya Nabi Muhammad SAW pada 8 Juni 632 Masehi

Tanggal 8 Juni diperingati sebagai tanggal meninggalnya Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Bandung - 8 Juni mempunyai sejarah penting dan menjadi peringatan yang tak dilupakan bagu umat muslim. Pada hari ini diingat sebagai tanggal meninggalnya Nabi Muhammad SAW.

Banyak umat Muslim yang mengingat hari kesedihan tersebut dan selalu diperingati dalam berbagai bentuk. Bahkan, dalam sejarah diceritakan bagaimana kisah wafatnya Nabi Muhammad untuk diingat oleh para umatnya.

Wafatnya Nabi Muhammad terjadi pada Senin, 8 Juni 632 Masehi atau 12 Rabi’ul Awal tahun 11 Hijriah. Meninggalnya Nabi Muhammad juga diceritakan dalam buku sejarah, salah satunya buku Sejarah Kebudayaan Islam.

Nabi Muhammad merupakan rasul terakhir untuk seluruh umat beragama Muslim yang lahir pada tahun 571 atau Tahun Gajah. Masa kenabian Nabi Muhammad dimulai pada usianya yang ke-40 tahun.

Saat itu, Nabi Muhammad didatangi oleh malaikat Jibril dan mendapatkan wahyu pertamanya dari Allah. Beliau mulai berdakwah di Mekkah dan beberapa wilayah dalam memperkenalkan agama Islam kepada seluruh umat hingga akhir hayatnya.

Nabi Muhammad meninggal pada 632 atau setelah 10 tahun ia hijrah ke Madinah. Sebelumnya, Nabi Muhammad menunaikan ibadah haji ke Mekkah.

Setelah naik haji, beliau menyampaikan sebuah khotbah perpisahan atau khutbah Wada di Gunung Arafah, di timur Mekkah. Selain itu, Dia berpesan kepada para pengikutnya untuk tidak mengikuti aturan adat pra-Islam tertentu.

Nabi Muhammad sempat menderita sakit yang cukup parah. Ia mengalami sakit demam tinggi hingga sakit kepala selama beberapa waktu setelah ia pulang dari naik haji pertama dan juga terakhirnya.

Meskipun sedang dalam keadaan sakit Nabi Muhammad masih menyempatkan diri untuk mengimami salat berjemaah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meninggal pada Usia 63 Tahun

Nabi Muhammad meninggal dunia dalam usianya yang ke-63 tahun pada Senin 8 Juni 632 M dan ketika posisi kepalanya tengah bertumpu pada pangkuan Aisyah, istrinya. Saat dinyatakan meninggal dunia banyak kerabat dan sahabat yang tidak percaya karena terkejut mendengar kabar tersebut.

Ia pun kemudian dimakamkan di kompleks Masjid Nabawi di Madinah dan saat ini di bawah naungan kubah hijau.

Meninggalnya Nabi Muhammad memberikan beberapa peninggalan berharga diantaranya Al Quran dan Hadis yang menjadi pedoman umat Muslim.

Setelah kepergian Nabi Muhammad, pemerintahan Islam dilanjutkan oleh sahabatnya secara berturut-turut. Di antaranya adalah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini