Sukses

6 Juni, Memperingati Hari Lahir Bung Karno

Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia, lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia, lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Untuk mengenang jasa sang Proklamator Kemerdekaan RI, diperingati dengan Bulan Bung Karno.

Bulan Bung Karno mengacu pada bulan Juni di Indonesia, yang didedikasikan untuk memperingati dan merayakan kehidupan dan warisan Sukarno.

Sukarno, juga dikenal sebagai Bung Karno, adalah seorang negarawan, orator, revolusioner, dan nasionalis Indonesia yang merupakan presiden pertama Indonesia, menjabat dari 1945 hingga 1967.

Ia lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur, dan meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai.

Soekarno memiliki nama kecil Koesno Sosrodihardjo, tetapi kemudian diubah menjadi Soekarno atau Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda).

Soekarno lahir di sebuah rumah di Surabaya yang kini telah dijadikan sebagai museum. Selain itu, Soekarno juga pernah bersekolah di Surabaya, di antaranya di HBS dan sekolah rakyat (SR) yang setingkat sekolah dasar di Tulung Agung.

Soekarno dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia dan Presiden pertama Republik Indonesia. Ia memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 dan terpilih sebagai Presiden RI pertama dalam sidang PPKI sehari setelah proklamasi.

Selain itu, Soekarno juga dikenal sebagai seorang pemimpin karismatik dan memiliki karakteristik kepemimpinan yang kuat.

Selama bulan Bung Karno, berbagai acara dan kegiatan diadakan di seluruh Indonesia untuk menghormati kontribusi Sukarno kepada negara. Acara ini meliputi seminar, pameran, dan pertunjukan budaya yang menampilkan warisan Sukarno dan visinya untuk Indonesia.

Selain itu, nama Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta diambil dari nama Sukarno yang mencetuskan ide pembangunan kompleks olahraga tersebut.

Stadion ini banyak digunakan untuk pertandingan sepak bola dan merupakan stadion serbaguna yang terletak di tengah Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno di Jakarta Pusat.

Secara keseluruhan, Bulan Bung Karno adalah waktu bagi masyarakat Indonesia untuk merenungkan kehidupan dan warisan Sukarno serta merayakan kontribusinya bagi negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini