Sukses

Kinerja Pertamina Hulu Energi Jaga Ketahanan Energi Nasional Diapresiasi

Liputan6.com, Jakarta - Sondang Tampubolon mengapresiasi kinerja Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream yang telah berkontribusi terhadap produk minyak dan gas nasional. Hal itu diungkapkan oleh Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut yang menjadi narasumber  sosialisasi 'Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam Menjaga Ketahanan Energi Nasional', pada Jumat (2/6/2023).

Berdasarkan data, pada 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68 persen dalam produksi minyak nasional, dan 34 persen dalam produksi gas nasional.

"Jadi memang inilah kontribusi Pertamina Hulu Energi dalam membangun kedaulatan energi nasional. Dimana kontribusi sebesar 68 persen dalam produksi minyak nasional, serta 34 persen dalam produksi gas nasional, itu luar biasa jumlahnya," ujar Sondang.

Kendati demikian, peran perusahaan swasta dan asing yang turut berkontribusi dalam menjaga ketahanan energi nasional juga tidak bisa dinafikan.

"Kita tidak bisa menafikan ada juga perusahaan swasta dan asing yang masuk. Karena kita juga harus memberi ruang yang cukup untuk perusahaan swasta dan asing itu supaya kita tidak di-banned oleh WTO. Oleh karenanya, sebagai wakil rakyat, saya mengapresiasi kinerja dari Pertamina Hulu Energi yang adalah anak perusahaan atau subholding dari PT Pertamina," lanjutnya.

Sondang Tampubolon berharap kinerja Pertamina Hulu Energi bisa ditingkatkan, baik dari lifting minyak, penghasilan, serta distribusi yang merata kepada seluruh wilayah di Indonesia.

"Keadilan distributif itu harus dan mutlak dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan BUMN supaya tidak hanya yang di kota saja yang menikmati ketahanan ataupun kedaulatan energi ini," pungkas Sondang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.