Sukses

Putra Samuel Silitonga Buktikan Jadi Konten Kreator Sukses Butuh Perjuangan

Kegagalan sering kali membuat sebagian orang menyerah dengan proses yang dihadapi. Namun, sebagian lainnya justru berusaha untuk melihat peluang baru yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan karier di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Kegagalan sering kali membuat sebagian orang menyerah dengan proses yang dihadapi. Namun, sebagian lainnya justru berusaha untuk melihat peluang baru yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan karier di masa depan.

Seperti Putra Samuel Silitonga, yang awalnya kesulitan saat melamar kerja, pada akhirnya dapat menjalankan karier menjadi konten kreator yang berperan sebagai Mumu di Warintil Official.

Warintil adalah grup komedi asal Medan yang dikenal dengan kontrakan rempong. Kanal YouTube Warintil Official dibuat sejak 2019, hingga kini telah merilis ratusan episode Kontrakan Rempong.

Sebelumnya, Putra punya keinginan besar bekerja menjadi pegawai bank dengan harapan dapat membanggakan keluarga. Bahkan, Putra sampai mengirimkan amplop lamaran kerja ke berbagai perusahaan, namun tidak membuahkan hasil.

"Saya pernah bercita-cita jadi banker. Pernah lamar kerja di mana-mana, tapi ditolak," ujarnya, Sabtu (27/5/2023).

Berkali-kali gagal melamar pekerjaan, tidak membuat Putra menyerah. Dia berpikir jalan hidupnya bukan menjadi banker. Dari sana, kemudian dia memilih untuk merantau ke Kota Medan. Tujuannya ingin belajar mandiri dan menjadi konten kreator.

"Bingung cari kerja ke sana sini, akhirnya memutuskan live. Saya ubah jalan karier. Saya ingin menjadi konten kreator," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertemu Rekan Lain

Seiring berjalannya waktu, Putra Samuel bertemu dengan Purwadi, pemilik nama panggung Rita di Warintil Official. Putra dan Purwadi satu sekolah, tapi yang merantau pertama kali adalah Purwadi.

"Saya dulu masih sibuk cari kerja, ngelamar kerja bolak balik. Lalu saat di perantauan saya coba ketemu Purwadi," kenang pemilik akun Instagram @mumusltg itu. 

Bagi Putra, bangun hidup di perantauan sudah biasa. Pengalaman ini bahkan membuatnya menjadi individu yang kuat dan tegar dalam setiap keadaan.

"Dulu awal di Medan itu masing numpang-numpang, sedih kalau dikenang," tutur pria kelahiran 1991 itu.

Diakui Putra, dia memang sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan dunia akting. Bahkan kini karaker Mumu sudah melekat di dirinya.

"Mumu itu sosok itu-ibu yang sayang pada anaknya. Mamak-mamak pada umumnya lah," ujarnya seraya tertawa.

3 dari 4 halaman

Sempat Ditentang Keluarga

Pada awal karier menjadi seorang konten kreator, Putra ditentang keluarga. Katanya, penampilannya yang berperan sebagai perempuan masih tabu di mata keluarga.

"Awalnya itu ditentang keluarga, dengan memutuskan bekerja sebagai perempuan itu masih dianggap tabu oleh keluarga, terutama orang tua," ucapnya.

Kegagalan dan penolakan yang pernah dialami Putra, tidak membuatnya patah arang. Dia membuktikan bisa sukses dengan peran Mumu di Warintil Official.

Terbukti, dalam setahun berkarya, dia dan temannya berhasil mendapatkan penonton dari sejumlah kalangan di Indonesia. Kini mereka tengah menanti 10.000.000 subscriber.

"Pencapaian itu saya buktikan ke ibu. Saya perlihatkan 100.000 subscriber, dari sana diterima," tuturnya.

"Setelah menunjukkan ada hasil. Jadi perjuangan enggak sia-sia, meskipun lulusan Sarjana Ekonomi di salah satu kampus swasta di Medan, saya bisa sukses di jalur ini," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Punya Konten Mingguan

Selain aktif syuting di Warintil Official, Putra Samuel juga memiliki konten mingguan yang di-upload di akun Instagram pribadinya. Dia membagikan konten seputar sejarah, lifestyle, review kafe, dan live.

"Tugas mingguan itu awalnya lebih ke sejarah dan traveling, tapi kurang peminat. Sehingga bikin konten daily review kafe dan live," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini