Sukses

Unesa Bahas Kolaborasi Program Pentahelix dengan Perseroda Sulbar Malaqbi

Perseroda PT Sulawesi Barat Malaqbi bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan menjalin kerja sama program pentahelix.

Liputan6.com, Mamuju - Perseroda PT Sulawesi Barat Malaqbi bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan menjalin kerja sama program pentahelix. Kerja sama dilakukan melalui konsep kolaborasi bersama, di mana masing-masing pihak diharap bisa berkontribusi berdasarkan perannya masing-masing.

Wakil Rektor IV Unesa, Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin mengatakan bahwa, pihaknya menginisiasi adanya satu program untuk mengelola potensi-potensi sumber daya di satu daerah. Menurutnya, perlu ada satu sinergi yang mungkin bisa menghasilkan unsur kebaruan.

"Sinergi itu diharapkan menghasilkan produk yang bisa terus meningkatkan, tidak hanya sumber daya manusia, tapi juga kesejahteraan masyarakat," kata Nur Azizah di Mamuju, Rabu (17/05/23).

Nur Azizah menambahkan, Unesa mengajak beberapa pihak untuk membentuk pentahelix center di Surabaya dalam rangka meningkatkan dunia pendidikan dan dunia usaha. Hal itu sebagai upaya dalam meningkatkan inovasi dan kreativitas sehingga bisa membawa dunia pendidikan dan dunia usaha bisa lebih maju. 

"Alhamdulillah kita disambut baik perseroda (PT Sulawesi Barat Malaqbi) dan dalam waktu dekat kita juga akan lakukan kerja sama bersama BUMD se Indonesia. Termasuk menjalin kerja sama dengan BUMDes," ujar Nur Azizah.

Pj Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh menyambut dan mendukung rencana kerja sama yang dibawa anak Wakil Presiden Ma'ruf Amin itu. menurutnya Sulbar sangat memerlukan sentuhan dari berbagai pihak sehingga menjadi provinsi yang maju. 

"Saya mendukung program kerja sama ini. Kami akan mendukung bersama rekan-rekan kepala OPD. Demikian (Unesa), mudah-mudahan berkah disini nanti tolong bawa kawan-kawan yang lain," tutur Zudan.

Sedangkan, Komisaris Perseroda PT Sulawesi Barat Malaqbi, Naskah M Nabhan mengaku, kehadiran Wakil Rektor IV Unesa akan sangat membantu berbagai pihak di provinsi ke-33 itu. Apa lagi pentahelix merupakan kolaborasi yang melibatkan pemerintah, akademisi, pelaku usaha, komunitas, dan media.

"Untuk memberikan arahan terkait pengembangan pendidikan dan dunia usaha yang bisa dikerjasamakan ke depannya. Kita yakini dapat memberikan solusi bagi percepatan pembangunan suatu daerah kita," tutup Naskah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.