Sukses

Cuaca Tak Tentu, Ini Manfaat Mengonsumsi Minuman Jahe

Selain sebagai penghangat badan, jahe ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Jahe dipercaya bisa menjaga kesehatan dan mengurangi beberapa gejala penyakit.

Tak heran jika jahe yang telah diolah menjadi minuman hangat banyak dikonsumsi saat cuaca dingin atau musim hujan. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan memarut jahe yang telah dicuci kemudian merebusnya selama 5-10 menit.

Setelah matang, minuman jahe disaring dan dikonsumsi dengan menambahkan bahan lainnya, seperti madu, lemon, atau jeruk nipis. Selain sebagai penghangat badan, jahe ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Mengutip dari yankes.kemkes.go.id, berikut manfaat minuman jahe:

1. Mengurangi Reaksi Alergi

Minuman jahe dipercaya dapat meredakan reaksi alergi. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan respons peradangan yang disebabkan oleh alergi.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jahe juga dapat menurunkan berat badan secara alami. Kamu bisa mengonsumsi teh jahe hangat yang dapat membuat perut terasa lebih kenyang.

3. Meredakan Nyeri Haid

Saat haid, perut akan terasa nyeri dan kram. Sebuah penelitian menunjukkan, meminum jahe hangat dapat meredakan nyeri haid. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa jahe memiliki efektivitas yang sama sebagai pereda nyeri untuk mengatasi kram menstruasi.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Selain meredakan masalah nyeri haid, jahe juga mampu meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Sifat anti-inflamasi pada jahe juga dipercaya mampu dijadikan obat alami asam urat.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Berbagai penelitian menunjukkan, kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam jahe dapat membantu melindungi diri dari penyakit jantung. Mengonsumsi minuman jahe dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.