Sukses

Kesejahteraan Ibunya Sebagai Guru Ditambah SBY, Chairil Hudha Ikut Nyaleg dari Demokrat

Berangkat dari seorang jurnalis dan kini menapaki langkah baru di dunia politik, menjadi bingkai bagi perjalanan Chairil Hudha.

Liputan6.com, Medan Berangkat dari seorang jurnalis dan kini menapaki langkah baru di dunia politik, menjadi bingkai bagi perjalanan Chairil Hudha.

Pria yang akrab disapa Ariel ini menilai politik adalah langkah tepat dalam membawa suatu perubahan. Apalagi, dirinya pernah merasakan getirnya kehidupan di tengah perjuangan menempuh gelar sarjana.

Bagaimana Ariel menilai politik sebagai arah sebuah perubahan? Pria kelahiran Ledong Barat kecamatan Aek Ledong, Asahan, ini coba mengisahkannya.

Saat berbincang dengan sejumlah jurnalis di Cafe Democratic Jalan Sudirman, Kota Medan, Senin (15/5/2023), buah hati dari pasangan Bakir Chairuddin dan Kartini ini mengaku bukanlah anak yang terlahir mapan.

Sebagai anak seorang guru, Ariel mengawali perjalanan kisahnya sebagai mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIK-P) Medan.

"Tentu dengan keterbatasan ekonomi, saya harus melewati masa sulit untuk bisa menamatkan bangku kuliah. Semua kerjaan pun harus dilakoni," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penuh Tanggung Jawab

Diakui Chairil Hudha, dari mendayuh becak dayung barang di Jalan Rakyat, door smeer, office boy, Relawan NGO Tsunami Aceh dan Gempa di Nias, hingga menjadi seorang jurnalis, serta menjadi pemimpin redaksi di salah satu media ternama di Kota Medan menghiasi perjalanan hidupnya.

"Semua saya kerjakan dengan penuh tanggung jawab, yakin, dan bisa tamat kuliah demi satu alasan, yakni membanggakan orang tua," ujar suami Yunida Mahrani Pasaribu itu.

Dalam perjalanan hidupnya, ayah 3 orang anak ini melihat sebuah perubahan bisa terlaksana dengan adanya kebijakan dari pemangku jabatan. Namun, kebijakan tentu tak bisa sesuka hati, harus ada kontrol sosial dari aggota parlemen.

"Inilah yang menjadi alasan saya memilih untuk terjun ke dunia politik. Harus berada langsung di dalamnya untuk bisa membawa arus perubahan demi kepentingan khalayak banyak," tutur pria kelahiran 1984 silam itu.

Untuk memuluskan langkahnya, Ariel menambatkan pilihannya kepada Partai Demokrat. Baginya, partai berlambang Mercy adalah partai yang memberi solusi dalam sendi kehidupan masyarakat.

"Kenapa Demokrat? karena saat partai ini berkuasa, dan Pak SBY menjadi Presiden, banyak kebijakannya yang sangat membantu masyarakat terutama ibu saya yang berprofesi sebagai guru,” ucap Ariel yang akhirnya bergabung bersama Demokrat di bawah kepemimpinan Muhammad Lokot Nasution sejak 2022 lalu.

"Guru yang sebelumnya bergaji sangat minim, di era Pak SBY semua berubah. Lewat program sertifikasi, orang tua saya akhirnya bisa menghantarkan seluruh anaknya ke jenjang sarjana," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Siap Bertarung di 2024

Tidak ingin hanya menjadi pengurus dalam sebuah partai, Chairil Hudha memutuskan untuk ikut mengarungi konstelasi politik pada Pemilu 2024 mendatang.

Maju sebagai Bacaleg Dapil 5 Kota Medan dengan area pemilihan Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Polonia dan Medan Maimun, dirinya berharap bisa mewujudkan mimpi menjadi anggota dewan yang bisa langsung menyentuh dan mengawal aspirasi masyakarat.

"Tujuan saya menjadi anggota dewan sederhana. Saya belasan tahun bekerja sebagai jurnalis yang secara tidak langsung menerima aspirasi masyarakat dan melaksanakan kontrol sosial kepada kebijakan pemerintah. Namun ada yang sulit kita realisasikan saat berbenturan dengan perjuangan masyarakat, yakni program kerja yang berkaitan dengan budgeting," terangnya.

"Kita tidak punya kewenangan untuk mengusulkan program untuk masyarakat itu. Lain halnya jika kita sebagai anggota dewan," ungkap Ariel yang berdomisili di Komplek Kejaksanaan, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan.

4 dari 4 halaman

3 Komponen Fungsi Utama Legislatif

Menurut Ariel, ada 3 komponen fungsi utama di legislatif. Selain mengawal aspirasi masyarakat, ada kontrol sosial, legislasi dan hak budgeting yang dimiliki anggota legislatif. Sehingga, perlu masuk langsung ke dalamnya untuk mengawal program pemerintah.

"Hal ini dilakukan agar bisa langsung menyentuh ke masyarakat, ini memang standart. Tapi, saya akan membuat pembeda dalam berjuang melahirkan program masyarakat di tengah era digital ini," ujarnya lagi.

Seperti misalnya bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), apakah sudah menyentuh? Padahal kita tahu Medan adalah salah satu kota jasa dan perdagangan.

"Kalau pemerintah cuma fokus membenahi jalan dan fasilitas lainnya seperti lampu Pocong yang justru tak berdampak ke masyarakat untuk apa. Inilah perlu adanya pengawasan dan pengawalan dari legislatif atas kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah," Ariel menuturkan.

Ariel bukanlah orang baru dalam permainan politik di Sumut. Dia kerap turut serta dalam beberapa pemenangan kepala daerah di Sumut dan Gubernur. Bukan hal mudah tentunya bagi Ariel untuk bisa melangkah jauh, apalagi sampai menghantarkan kakinya ke gedung parlemen.

"Namun saya yakin, jika bergerak atas nama rakyat tanpa iming-iming apalagi transaksi, semua akan indah pada waktunya," Chairil Hudha menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.