Sukses

Profil Bahar bin Smith, Penceramah yang Dikabarkan Ditembak Orang Tak Dikenal

Bahar bin Smith dikabarkan bahwa ditembak oleh orang tak dikenal pada Jumat (12/5/2023) lalu.

Liputan6.com, Bandung - Penceramah Bahar bin Smith dikabarkan ditembak oleh orang tak dikenal pada Jumat (12/5/2023) lalu. Pihak Bahar telah melaporkan kejadian tersebut pada pihak kepolisian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Bahar Smith mengalami penembakan sekitar pukul 08.00 atau 09.00 WIB. Penceramah kelahiran Manado itu awalnya tengah mengendarai mobil.

Bahar merasakan ada yang aneh dengan kendaraannya sehingga turun untuk memeriksa mesin mobilnya. Namun, tanpa diduga ketika mengecek mobilnya, Bahar justru terkena tembakan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pelaporan kasus penembakan ini pun langsung dilakukan pada hari yang sama saat kejadian tepatnya pukul 21.45 WIB.

"Terkait kejadiannya masih didalami, jadi belum ada kesimpulan terkait tentang kejadiannya termasuk penyebab lukanya," kata Tompo, Senin (15/5/2023).

Pihaknya pun menyatakan tidak ada saksi yang melihat kejadian penembakan tersebut. Namun, kepolisian masih melakukan penyelidikan atas peristiwa penembakan yang terjadi pada Bahar bin Smith.

"Kejadian tersebut karena tidak ada saksi, maka kita masih menyelidiki kejadiannya," ujar Tompo.

Akibat dari kejadian ini, Bahar bin Smith dikabarkan mengalami luka pada bagian perut. Namun, hasil visum belum sempat keluar sehingga belum ada informasi lebih lanjut atas kondisi serta penyebab lukanya.

"Namun hasil visum belum keluar. Sehingga kita belum bisa menginfokan lebih lanjut terkait kondisi dan penyebab luka tersebut," kata Tompo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Bahar bin Smith?

Bahar bin Smith merupakan penceramah kelahiran 23 Juli 1985 di Manado. Dia merupakan bagian keluarga yang berasal dari Arab Hadhrami golongan Alawiyyin bermara Aal bin Sumaith.

Bahar bin Smith merupakan anak dari pasangan Sayyid Ali bin Alwi bin Smith dan Isnawati Ali.

Ia merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara. Tiga di antara saudaranya yang terkenal yakni Ja’far bin Smith, Sakinah Smith, dan Zein bin Smith. Saat ini, ia sudah menikah dengan Fadlun Faisal Balghoist dan mempunyai empat orang anak.

Bahar Smith juga merupakan sosok tokoh Islam atau ulama yang cukup terkenal di Indonesia.

Pria berusia 37 tahun tersebut dikenal sebagai pendakwah yang sering berceramah dengan berapi-api sehingga membuat jemaahnya semangat ketika mendengarkan ceramahnya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini