Sukses

Berwisata Ke Candi Ijo Yogyakarta, Ini Kisah Sejarah dan Harga Tiketnya

Candi Ijo berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Liputan6.com, Yogyakarta - Candi Ijo merupakan salah satu situs bersejarah yang ada di Yogyakarta. Meski namanya tidak sepopuler Candi Prambanan, Candi Ijo tetap memiliki pesona tersendiri.

Tidak heran, candi bercorak Hindu ini juga kerap menjadi tujuan wisata Yogyakarta. Candi Ijo berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman.

Candi Ijo berada di ketinggian 395 mdpl tepat di kawasan perbukitan sebelah timur Kota Yogyakarta. Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Candi Ijo diperkirakan dibangun pada abad ke-9 sampai 10 Masehi, tepatnya sekitar tahun 850-900.

Candi Hindu ini dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno yang juga membangun candi lain, seperti Prambanan dan Borobudur. Diperkirakan sekitar tahun 850-900 masehi, raja Mataram Hindu yang berkuasa saat itu adalah Rakai Pikatan dan Rakai Kayuwangi, menurut prasasti dari Raja Balitung).

Candi ini baru ditemukan kembali pada tahun 1886 Masehi saat masa pemerintahan Hindia-Belanda atau sekitar 1.000 tahun setelah pembangunannya, oleh H E Dorrepaal. Setelah Indonesia merdeka, Candi Ijo lanjut diteliti melalui Dinas Purbakala mulai 1958 dan terus dilakukan pemugaran hingga saat ini.

Selain menyuguhkan peninggalan sejarah masa lalu, panorama yang tersaji di Candi Ijo juga indah. Saat cuaca cerah, wisatawan bisa menyaksikan keindahan dataran rendah Yogyakarta di sisi Barat dan Perbukitan Menoreh yang memanjang bagai benteng raksasa di ufuk Barat.

Rute ke Candi Ijo yang termudah adalah melalui jalan utama Yogyakarta menuju arah Klaten dan Solo. Setibanya di perempatan Pasar Prambanan, belok kanan.

Terus lurus seberangi rel dan melalui jalan berliku di kaki bukit sejauh sekitar 3 km. Belok kiri di gang kiri jalan yang terdapat plang petunjuk arah menuju Candi Ijo.

Selanjutnya, ikuti jalan utama yang mengarah ke bukit. Terus lurus saat sampai di Tebing Breksi yang ada di kiri jalan.

Nantinya, Candi Ijo bisa ditemukan dengan mudah di kiri jalan. Lokasi Candi Ijo juga berdekatan dengan tempat wisata lain, seperti Tebing Breksi.

Candi Ijo merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang harga tiket masuknya cukup terjangkau. Harga tiket masuk ke Candi Ijo hanya Rp7.000 per orang untuk WNI dan Rp15.000 untuk turis asing.

Tempat wisata ini dapat dikunjungi mulai pukul 09.00-17.00 WIB saat hari biasa dan pukul 07.00-17.00 WIB saat hari libur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini