Sukses

Jalur Alternatif Padang-Bukittinggi Via Malalak Ditutup Akibat Longsor

Akses jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Liputan6.com, Agam - Longsor melanda kawasan Ambacang Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak Kabupaten Agam Sumatera Barat, Minggu (7/5/2023). Akibatnya jalan alternatif yang menghubungkan Padang-Bukittinggi tersebut ditutup untuk sementara.

Kepala Badan Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito mengatakan material longsor menutupi akses jalan dengan ketinggian sekitar 1 meter dan panjang lebih kurang 15 meter.

"Akses jalan Padang-Bukittinggi via Malalak tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua," ujarnya, Minggu (7/5/2023).

Ia menyebut longsor dipicu oleh hujan deras yang mengguyur daerah setempat sejak hari kemarin. Kemudian informasi saat ini di lokasi longsor juga masih hujan disertai angin kencang.

Saat ini, lanjut Bambang petugas sudah berada di lokasi untuk penanganan longsor, dan juga satu alat berat sudah berada di lokasi untuk segera membersihkan material longsor.

Selain di jalur Malalak, longsor juga terjadi di Kecamatan Palembayan,yakni di Jorong Silungkang, Nagari persiapan Tigo Koto Silungkang. Badan jalan tertimbun material longsor dengan ketinggian hamper lima meter dan Panjang 10 meter.

"Akses jalan juga tak bisa dilalui," kata Bambang.

Pihak BPBD saat ini sedang berusaha untuk membersihkan material longsor dari jalan, dengan dibantu oleh petugas dari Dinas PU setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.