Sukses

Kapolda Kaltara Pastikan Penerimaan Polri 2023 Bebas Calo dan Nepotisme

Tahapan seleksi penerimaan Anggota Polri telah dimulai dan Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya menjamin proses tersebut bebas calo dan nepotisme.

Liputan6.com, Bulungan - Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya memastikan penerimaan calon anggota Polri tahun 2023 bebas dari calo maupun unsur nepotisme. Penerimaan tersebut baik melalui jalur Akpol, Bintara maupun Tamtama.

“Tidak ada yang namanya masuk Polisi itu bayar, penerimaan Polri saya pastikan gratis dan tidak ada calo maupun KKN,” tegas Daniel Adityajaya.

Kapolda Kaltara menegaskan dalam penerimaan Polri tahun 2023, diharapkan masyarakat bisa langsung mengawasi langsung proses dan seluruh tahapannya.

"Semuanya proses saya pastikan terbuka dan transparan, silahkan masyarakat mengawasi langsung dalam setiap tahapan,” ujarnya.

Dalam penerimaan polri tahun ini, tambahnya, Polda Kaltara mendapatkan kuota lebih dari sebelumnya.

"Karena kita sudah mempunyai Sekolah Polisi Negara (SPN) sendiri, patut kita sukuri bersama kita mendapatkan tambahan kuota rekrutmen Polri tahun ini sekitar 350 orang, sebelumnya hanya 200 orang,” kata Daniel Adityajaya.

Untuk diketahui, khsus jalur Bintara Polri, pendidikan tahun ini akan dilaksanakan di SPN Polda Kaltara yang berada di Kabupaten Malinau.

Kapolda berharap, dengan kesempatan penerimaan Polri khususnya di Polda Kaltara tahun 2023, masyarakat Kaltara bisa memanfaatkan dengan baik, terutama putra dan putri terbaik Kaltara yang ingin mengabdi sebagai anggota Polri.

"Sekarang tahapan sudah berjalan, semoga semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar, pesan saya jangan sampai para orang tua calon seleksi Polri percaya dengan okum atau calo yang menawarkan diri bisa dan mampu meloloskan semua proses seleksi, dan kalau ada temuan masyarakat ada okum atau calo yang bermain dalam proses seleksi, silahkan langsung melaporkan ke saya,” ujar Daniel Adityajaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Seleksi Rekrutmen Polri 2023

Tanggal 2 Mei 2023 telah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan tahap 1 calon Taruna/i Akpol dengan jumlah peserta 33 dan yang memenuhi syarat 28 orang yang tidak memenuhi syarat 5 orang.

Tanggal 4 sampai dengan 14 mei 2023 akan dilaksanakan pemeriksaan kesehataan tahap 1 yang bertempat di Aula Kecamatan Tanjung Selor.

Pemeriksaan administrasi meliputi pemeriksaan:

1. Tinggi badan dan berat badan

2. Domisili di wilayah kaltara minimal 2 tahun

3. Pemeriksaan KTP dan Kartu Keluarga

4. Pemeriksaan ijazah dan rapor bagi peserta kelas XII

 

Pada tanggal 26 april sampai dengan 3 mei 2023 pelaksanaan Rikmin awal yang dilaksanakan di Polres jajaran Polda Kaltara dengan hasil sebagai berikut :

Bintara PTU: 1542 (P: 1316, W: 226)

Memenuhi syarat: 1454 (P: 1249, W: 205)

Tidak Memenuhi syarat: 88 (P: 67, W: 21)

Bintara Polair: 32 (P: 32, w: 0)

Memenuhi syarat: 32 (P: 32, w: 0)

Tidak Memenuhi syarat: 1 (P: 1, W: 0)

Bintara Brimob: 73 (P: 73, w: 0)

Memenuhi syarat: 64 (P: 64, w: 0)

Tidak Memenuhi syarat : 9 (P: 9, W: 0)

 

Bintara Nakes: 5 (P: 5, w: 0)

Memenuhi syarat: 5 (P: 5, w: 0)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.