Sukses

Ketika Prabowo Subianto Mengenang Masa Kecil di Ranah Minang

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengenang masa kecil saat berusia lima tahun pernah berkunjung ke Lapangan Pacu Kuda Bukit Gombak.

Liputan6.com, Tanah Datar - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengenang masa kecil saat berusia lima tahun pernah berkunjung ke Lapangan Pacu Kuda Bukit Gombak, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

"Hari ini saya sangat gembira hadir di sini. Beberapa puluh tahun lalu, waktu saya masih anak kecil saya pun berada di lapangan ini," kata Prabowo Subianto saat membuka kegiatan Pacu Kuda di Kabupaten Tanah Datar, Minggu.

Bagi Prabowo, kedatangannya ke Lapangan Pacu Kuda Bukit Gombak, Kabupaten Tanah Datar sama halnya dengan pulang ke kampung halaman kedua. Apalagi, kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat masyarakat setempat.

"Terima kasih undangannya," kata Prabowo dilansir dari Antara, Senin (30/4/2023).

Pada kesempatan itu, anak ekonom Soemitro Djojohadikusumo tersebut mengatakan berkuda merupakan olahraga yang membutuhkan keberanian karena hanya orang-orang berani yang bisa menukangi kuda.

Apalagi, sambung dia, pacu kuda merupakan satu-satunya olahraga yang menuntut kerja sama antara manusia (joki) dengan kuda yang ditunggangi. Apabila tidak ada kerja sama maka bisa berakibat fatal.

"Olahraga berkuda merupakan olahraga kesatria. Para kesatria dan pendekar harus bisa menukangi kuda," katanya.

Pada kesempatan itu, mantan Danjen Kopassus tersebut mendapat informasi bahwa provinsi tersebut membutuhkan kuda pejantan untuk pengembangbiakan.

Menhan yang diketahui hobi menunggangi kuda tersebut bersedia mengirimkan kuda-kuda jantan ke Sumbar dengan syarat para pemangku kepentingan bisa menyediakan lahan sebagai tempat pemeliharaan kuda.

"Tapi, karena saya pecinta binatang, saya harus yakin kuda-kuda itu akan dirawat dengan baik," kata dia.

Selain menghadiri kegiatan pacu kuda, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Ke-22 tersebut sebelumnya memenuhi undangan pengukuhan Gelar Adat Wakil Menteri Ketenagakerjaan di Istano Basa Pagaruyung pada Sabtu (29/4).

Setelah membuka dan menghadiri kegiatan pacu kuda, Prabowo Subianto menaiki mobil Jeep mengitari Lapangan Pacu Kuda Bukit Gombak sambil menyapa masyarakat yang hadir. Selepas itu, ia dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Minggu sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.