Sukses

Kejutan Satu Gerobak Kupat Tahu dari Gatotkaca untuk Petugas Pospam Lebaran

Sosok Srikandi dan Gatotkaca berikan apresiasi kepada para petugas jaga di pengamanan mudik lebaran, tak tanggung-tanggung mereka memberikan 1 gerobak tahu kupat untuk dinikmati.

Liputan6.com, Sukoharjo - Dalam rangka memberikan apresiasi kepada para petugas pengamanan mudik lebaran sosok Srikandi dan Gatotkaca tampak mendorong satu gerobak dagangan kupat tahu dan memberikannya kepada para petugas jaga.

Sosok pewayangan tersebut mengantarkan makanan tahu kupat tersebut di Pospam Lebaran Polres Sukoharjo yang berdiri di kawasan Bulakrejo, Kabupaten Sukoharjo.

Tak hanya memberikan kejutan tahu kupat gratis, sosok pewayangan dan puluhan orang juga memberikan jamu gendong dan juga makanan khas rengginang kepada para pengguna jalan yang melintas di dekat berdirinya patung jamu simbol Kabupaten Sukoharjo itu tepat di belakang pospam lebaran milik Polres Sukoharjo.

Sosok srikandi dan Gatotkaca tersebut memberikan apresiasi berupa tahu kupat, rengginang dan juga jamu gendong lantaran olahan kuliner tersebut adalah makanan khas dari Kabupaten Sukoharjo. 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Jamu dan Rengginang Kepada Pengguna Jalan

Puluhan orang yang menemani Srikandi dan Gatotkaca itu adalah perwakilan dari sejumlah elemen di Kabupaten Sukoharjo. Di antaranya, Solidaritas Masyarakat Sukoharjo (SMS), Relawan Penyuluh Anti Narkoba, dan Karang Taruna Desa Bulakrejo.

"Kami membagikan jamu gendong dan rengginang kepada para pemudik yang mulai melakukan perjalanan arus balik. Jamu dan rengginang asli Sukoharjo merupakan minuman kesehatan dan makanan tradisional. Ini maksudnya biar pemudik selalu ingat kampung halaman,” kata koordinator aksi, Agus Widanarko atau Danar sosok Gatotkaca saat ditemui di Sukoharjo, Minggu (30/4/2024).

Menurut dia, kegiatan tersebut hampir tiap tahun mereka lakukan dan kenapa mereka memilih tahu kupat, karena kuliner tersebut merupakan kuliner tradisional.

"Ini juga (segerobak tahu kupat) sebagai tanda terima kasih dari warga sekitar Pospam dan masyarakat se-Kabupaten Sukoharjo kepada para petugas yang bekerja tanpa mengeluh selama proses arus mudik dan balik berjalan. Mereka memberi rasa aman dan lancar untuk para pemudik,” ujar Danar.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyambut langsung kedatangan elemen pemuda itu mengaku senang dengan kejutan yang diberikan masyarakat langsung kepada institusinya.

"Aksi ini luar biasa, kami bersama teman-teman Pospam, meliputi TNI, Polri, Dishub, Kesehatan, KST, dan Linmas, semua mengucapkan terimakasih yang besar-besarnya atas dukungan yang diberikan," ujar Kapolres Sukoharjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.