Sukses

HSS Satu-satunya Kabupaten di Pulau Kalimantan Masuk 10 Besar Peraih Status Kinerja Tertinggi

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian beserta dengan penghargaan tingkat kota dan provinsi.

Liputan6.com, Kandangan - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil mengharumkan nama daerah. Ini ditandai setelah diganjar sebagai 10 kabupaten penerima Penghargaan Kepala Daerah dengan Status Kinerja Tertinggi secara Nasional Tahun 2023.

Penyerahan penghargaan pada Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVI Tahun 2023 di Kota Makassar, Sabtu 29 April 2023. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian beserta dengan penghargaan tingkat kota dan provinsi.

Sekretaris Daerah Kabupaten HSS, Muhammad Noor menyampaikan rasa bangga dan syukur atas apa yang sudah diraih. Dari 47 kabupaten di Pulau Kalimantan, dan 416 kabupaten di seluruh Indonesia, HSS yang dijuluki sebagai daerah Dodol dan Ketupat Kandangan ini berhasil masuk dalam daftar 10 kabupaten tersebut.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas penghargaan yang diterima, ini bukti bahwa kerja Pemkab HSS yang dipimpin oleh bupati yang didukung oleh seluruh komponen masyarakat mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Pemerintah Pusat,” sebut Muhammad Noor, Minggu (30/4/2023).

Menurutnya, Bupati HSS Achmad Fikry selalu menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja yang seharusnya, bukan seadanya.

“Tentu prestasi ini sangat membanggakan karena HSS merupakan dua kabupaten di luar Jawa mampu masuk 10 besar Nasional pemkab dengan kinerja tinggi,” tambahnya seraya berharap ini sebagai berkah bagi masyarakat HSS.

Berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2022, Kabupaten HSS meraih penghargaan atas prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan Skor 3.56 dan Status Kinerja Tinggi.

Penghargaan yang diterima ini membuktikan jika Kabupaten HSS dalam penyelenggaraan pemerintahan berjalan sangat baik.

Penyerahan dilakukan di anjungan Pantai Losari Kota Makassar disaksikan oleh seluruh kepala daerah tingkat  provinsi, kota, dan kabupaten seluruh Indonesia.

Adapun peraih penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang bersamaan meraih penghargaan tersebut yakni; tingkat provinsi, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Sedangkan tingkat kota yakni; Semarang, Bogor, Denpasar, Makassar, Serang, Parepare, Tangerang, dan Surabaya.

Tingkat kabupaten yakni; Banyuwangi, Sumedang, Karanganyar, Sidoarjo, Kulonprogo, Konawe, HSS, Bandung, Wonogiri, dan Bojonegoro.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.