Sukses

Memasuki Musim Pancaroba Masyarakat Diminta Waspada, Apa Itu Pancaroba?

Saat ini, cuaca di sebagian wilayah Indonesia tengah mengalami musim pancaroba sehingga banyak masyarakat diminta untuk waspada terutama dalam menjaga kondisi tubuhnya. Bahkan, beberapa wilayah mengalami pergantian cuaca yang cukup cepat dalam satu waktu.

Liputan6.com, Bandung - Saat ini, cuaca di sebagian wilayah Indonesia tengah mengalami musim pancaroba sehingga banyak masyarakat diminta untuk waspada terutama dalam menjaga kondisi tubuhnya. Bahkan, beberapa wilayah mengalami pergantian cuaca yang cukup cepat dalam satu waktu.

Contohnya, saja wilayah Jawa Barat sebagian besar wilayahnya mempunyai cuaca yang cerah, tetapi di beberapa titik mengalami hujan yang cukup deras. Adapun melansir dari media sosial resmi BMKG Bandung, cuaca pada hari ini (25/04/2023), diperkiraan ada perbedaaan.

Untuk waktu pagi hari mulai dari pukul 07.00 hingga 13.00 diperkirakan cuaca akan cerah berawan. Namun, sejumlah titik wilayah Jawa Barat waktu siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan.

Maka dari itu, diimbau bagi masyarakat untuk dapat menjaga daya tahan tubuh ketika musim pancaroba. Terutama dalam mengonsumsi makanan yang sehat serta beristirahat dengan cukup agar tubuh tetap fit meskipun cuaca sedang tidak stabil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Pancaroba?

Pancaroba merupakan sebuah musim yang merupakan masa peralihan di antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu iklim di antara musim penghujan serta musim kemarau.

Sehingga, musim ini mempunyai tanda cuaca yang tidak menentu dan terjadi tidak terduga seperti misalnya angin yang kencang dengan hujan, tetapi durasinya tidak lama atau singkat hingga hanya cuaca berangin, tetapi mempunyai embusan yang begitu kencang.

Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk kedalam negara yang mempunyai iklim tropis. Sehingga, wilayah kita mempunyai tiga siklus tersebut yaitu musim kemarau, musim pancaroba, dan musim hujan.

Ciri-ciri dari musim pancaroba tersebut terlihat dengan adanya embusan angin yang kencang dan juga hujan yang lebat dan kilat, tetapi terjadi dengan durasi yang singkat. Bahkan, di beberapa lokasi bisa terjadi puting beliung ataupun hujan es.

Dampaknya, tentunya ada banyak di antaranya bisa mengganggu daya tahan tubuh dari seseorang. Karena perubahan suhu yang signifikan dapat memunculkan penyakit-penyakit di mana virus dan bakteri bisa berkembang karena lembab ataupun penyakit lainnya yang biasa muncul seperti flu, demam berdarah, diare, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini