Sukses

Daop 6 Yogyakarta: Hari Ini Puncak Kedatangan Pemudik Lebaran Idul Fitri dengan Kereta

Daop 6 Yogyakarta memprediksi hari ini sebagai puncak kedatangan pemudik di sejumlah stasiun yang tersebar di Yogyakarta dan Solo. Kenaikan jumlah penumpang itu dampak dari mulainya libur Lebaran Idul Fitri pada hari ini.

Liputan6.com, Solo - PT KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat terjadi kenaikan yang cukup signifikan terkait kedatangan pemudik di sejumlah stasiun di Yogyakarta dan Solo pada hari ini, Rabu (19/4/2023). Adanya kenaikan tersebut hari ini diprediksi sebagai puncak kedatangan penumpang dalam arus mudik Lebaran 2023.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan arus mudik dari berbagai kota yang akan turun di stasiun yang tersebar di wilayah Yogyakarta dan Solo mengalami kenaikan dibandingkan hari sebelumnya. Ia memprediksi bahwa lonjakan penumpang yang terjadi hari ini sebagai puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri.

"Berdasarkan data terakhir pada tanggal 19 April 2023 sekitar pukul 06.00 WIB bahwa kemungkinan puncaknya hari ini sih karena hari ini bersamaan dengan awal cuti bersama," kata Franoto saat ditemui Stasiun Balapan Solo, Rabu (19/4/2023).

Seperti diketahui kenaikan jumlah kedatangan pemudik mulai terlihat sejak tanggal 17 April lalu. Pada tanggal itu, jumlah kedatangan penumpang di stasiun yang terbesar di wilayah Daop 6 Yogyakarta yang meliputi Stasiun Tugu, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Balapon Solo tercatat sebanyak 13.524 penumpang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Kereta Tambahan

Kemudian, pada tanggal 18 April 2023 kemarin terjadi kenaikan jumlah pemudik yang turun di wilayah Daop 6 Yogyakarta sebanyak 18.025 penumpang. Lantas berdasarkan data pada hari, Rabu 19 April 2023 hingga pukul 06.00 WIB, jumlah penumpang kereta api yang tiba di wilayah Daop 6 Yogyakarta sebanyak 15.921 orang.

"Kalau penumpang yang datang ke Solo ini dari berbagai kota, ada dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang. Untuk Solo itu ada KA Senja Utama, KA Dwipangga Tambahan dan lainnya. Karena selama angkutan Lebaran juga ada 8 kereta api tambahan," sebutnya.

Menurut dia, kereta tambahan tersebut beroperasi sejak tanggal 12 April hingga 3 Mei 2023 mendatang. Selama angkutan Lebaran, Daop 6 Yogyakarta menargetkan terjadinya kenaikan jumlah volume penumpang dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jadi kita global saja ya di masa angkutan Lebaran ini Daerah Operasional 6 Yogyakarta memprogramkan volume penumpang di masa Lebaran ini lebih besar sekitar 43 persen dibandingkan tahun 2022," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini