Sukses

Mudik Lebaran 2023, Cek Rekayasa Lalu Lintas di Titik-Titik Rawan Macet Cirebon

Sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan menyambut arus mudik lebaran 2023. Terutama di titik yang akan terjadi rawan kemacetan.

Liputan6.com, Cirebon - Polresta Cirebon memastikan siap mengawal kelancaran dan keamanan masyarakat yang akan melaksanakan tradisi tahunan di bulan ramadan yakni Mudik Lebaran 2023

Sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan menyambut arus mudik lebaran 2023. Terutama di titik yang akan terjadi rawan kemacetan wilayah Cirebon

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, salah satu titik rawan macet ada di Pasar Sandang Tegal Gubug Cirebon. 

"Kami sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Pasar Tegal Gubug, karena titik tersebut menjadi salah satu yang difokuskan," kata Arif Budiman, Senin (10/4/2023.

Kemacetan dan kepadatan di Pasar Sandang Tegal Gubug Cirebon ketika berbarengan dengan hari pasaran. Yakni setiap Sabtu dan Selasa.

Selain itu kata Arif, Polresta Cirebon juga menyiagakan petugas di sekitar lokasi untuk menjadi pagar betis. Siaga petugas para pembeli maupun masyarakat tertib beraktivitas, sehingga diharapkan tidak menimbulkan kepadatan.

"Kami siagakan anggota di sekitar lokasi dengan jumlah cukup banyak, agar bisa mengurai kepadatan," tuturnya.

Arif mengaku sudah berkoordinasi dengan Polres Indramayu untuk mengalihkan arus yang akan menuju ke Pasar Sandang Tegal Gubug.

Jika sudah padat, maka arus dari arah Jakarta menuju ke Cirebon, masuk ke jalur arteri Karangampel. Menuju ke perbatasan Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, tepatnya di Mundu. 

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Gabungan

Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman pemudik, Polresta Cirebon membentuk tim patroli gabungan. Tim tersebut merupakan gabungan antarfungsi dari mulai Satreskrim, Satnarkoba, Satsamapta Polresta Cirebon, dan lainnya.

Tim gabungan bertugas menindak sesuai dengan prosedur dan hukum yang berlaku terhadap seluruh gangguan ancaman kambtibmas selama pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di wilayah Kabupaten Cirebon.

Tim gabungan juga tidak hanya melayani masyarakat Kabupaten Cirebon, tetapi para pemudik yang melintasi wilayah hukum Polresta Cirebon selama masa libur Lebaran 2023. 

"Kami ingin memastikan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Kabupaten Cirebon berjalan lancar, aman, dan nyaman," kata Arif Budiman.

Tim gabungan ini akan ditempatkan di sejumlah titik-titik rawan wilayah Kabupaten Cirebon. Mulai dari jalur arterk hingga jalur tol. 

Ia mengatakan, fokus utama penyiagaan tim tersebut ialah saat malam hari. Terutama di seluruh titik rawan termasuk jalur minim PJU maupun jalur sepi. 

"Para personel akan diploting di titik-titik tersebut dan berpatroli secara mobile berdasarkan perkembangan situasi di lapangan," ujar Arif.

Arif mengatakan, sebanyak 72 personel tim gabungan Polresta Cirebon akan siaga 24 jam selama masa operasi ketupat lodaya 2023.

Tim gabungan juga akan ada di rest area maupun di titik-titik yang terindikasi berpotensi rawan. 

"Kami tidak akan mentolerir segala bentuk gangguan kriminalitas dan akan memberikan tindakan tegas terhadap aksi-aksi premanisme," ujar Kombes Pol Arif Budiman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini