Sukses

Dikenal Negara Tropis, Ini 4 Rekomendasi Wisata Padang Pasir Indonesia

Berikut rekomendasi wisata padang pasir Indonesia yang bisa kamu kunjungi

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebagai negara tropis, Indonesia juga memiliki destinasi wisata padang pasir. Tak hanya menampilkan hamparan pasir luas, beberapa destinasi wisata Indonesia tersebut juga menawarkan keindahan alam yang memukau.

Wisata padang pasir ini bisa menjadi pilihan ide liburan bersama keluarga. Berikut rekomendasi wisata padang pasir Indonesia yang bisa kamu kunjungi:

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo RT 1 Grogol 10, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata ini telah dikenal luas oleh para wisatawan.

Lokasi ini sering menjadi destinasi berwisata bagi para pencinta fotografi. Para penikmat aktivitas memacu adrenalin, seperti sandboarding, juga kerap mengunjungi tempat ini.

2. Gumuk Pasir Sumalu

Gumuk Pasir Sumalu berlokasi di Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata ini memiliki dua tempat yang berbeda, yakni Rantebua Sanggalangi dan Buntu Rondo.

Lokasi gumuk pasir ini mulai dikenal sejak 2016. Destinasi wisata ini menghadirkan pemandangan timbunan pasir hitam membentuk perbukitan dengan alur-alur yang tidak simetris dan tidak beraturan.

3. Gurun Pasir Telaga Biru Bintan

Gurun Pasir Telaga Biru Bintan atau Gurun Pasir Bintan berlokasi Jalan Raya Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan, Kepulauan Riau. Dulunya, area ini adalah penambangan pasir bauksit yang sudah tidak beroperasi.

Saat terik matahari meninggi, gumuk pasir di area ini memancarkan pesonanya. Keindahan tersebut membuat destinasi wisata ini tidak kalah saing dengan gurun pasir di Timur Tengah.

4. Padang Pasir Pantai Oetune

Padang pasir atau gurun pasir di Pantai Oetune, Nusa Tenggara Timur, dikenal eksotis dan menawan. Pantai Oetune berada di Desa Tuafanu dan Oebelo, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

Selain hamparan biru yang menawan, daya tarik lain destinasi wisata ini adalah padang pasirnya yang kuning kecoklatan dengan luas mencapai 100 meter persegi. Ada juga gundukan pasir akibat tiupan angin, layaknya di Gurun Sahara.

Selain itu, di sepanjang batas pantai, tumbuh pohon kasuari yang berjarak 6-8 meter. Pohon-pohon tersebut diperkirakan sudah berusia puluhan tahun.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.