Sukses

4 Kampung Arab yang Populer di Indonesia, Cocok Jadi Destinasi Ngabuburit

Berikut Kampung Arab yang populer di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan Kampung Arab di Indonesia membawa warna tersendiri bagi keberagaman di Indonesia. Banyak perkampungan Arab yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari budaya, tradisi, hingga kuliner.

Kampung Arab menjadi lebih meriah saat Ramadan tiba. Ada banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke Kampung Arab untuk berwisata atau sekedar mencicipi kulinernya yang khas.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut Kampung Arab yang populer di Indonesia.

1. Kampung Arab Pekojan

Kampung Arab Pekojan berada di Jalan Pekojan, Kecamatan Tambora, jakarta Barat. Dulunya, kawasan ini merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia.

Ada banyak pedagang yang singgah di pelabuhan ini untuk berdagang, hingga lama-kelamaan menetap di pesisir. Tidak kecuali para pedagang yang berasal dari Arab dan Gujarat.

Akhirnya pemerintah kolonial saat itu mengatur para pedagang Arab untuk bermukim di kawasan Pekojan, Tambora secara permanen. Ada banyak peninggalan bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi saksi kejayaan Kampung Arab Pekojan.

Setidaknya ada tiga masjid tertua yang sudah berdiri sejak masa kolonial, antara lain Masjid Langgar Tinggi, Masjid Annawier dan Masjid Al-Anshor.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kampung Arab Pekalongan

Kampung Arab Pekalongan merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Jawa Tengah. Ciri khas kampung ini adalah bangunan-bangunan dan masjid berarsitektur khas Timur Tengah yang masih bertahanhingga saat ini.

Saat bulan Ramadan tiba ada banyak kegiatan menarik yang sengaja digelar oleh masyarakat Kampung Arab Pekojan. Pengunjung dapat ikut berbagai acara tersebut sambil berbuka puasa bersama.

3. Kampung Arab Surabaya Ampel

Kampung Arab Surabaya Ampel berada di Jalan Ampel Kejeron I no. 4, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Kampung Arab ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata religi dan sejarah saat Ramadan.

Terdapat makam Sunan Ampel hingga kemeriahan Festival Kampung Arab yang dapat dikunjungi di kawasan ini. Festival tersebut menampilkan musik gambus dan marching band yang dimainkan warga keturunan Arab.

Selain itu, beragam kuliner hingga budaya khas Timur Tengah pun disuguhkan untuk pengunjung, seperti tato hena.

4. Kampung Arab Al Munawar

Kampung Arab Al Munawar berada di Palembang, Sumatera Selatan. Sebagian besar warga di Kampung Arab Al Munawar adalah keturunan Arab.

Awalnya mereka datang ke Palembang untuk berdagang sekaligus menyebarkan agama Islam. Kampung Arab Al Munawar merupakan tempat komunitas Arab terbesar di Sumatra.

Terdapat beberapa rumah-rumah bersejarah, hingga musala dan masjid di pinggir Sungai Musi. Pengunjung wajib memakai pakaian sesuai syariat Islam untuk masuk ke kawasan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.