Sukses

Sehat dan Hemat, Ini Berbagai Jenis Plank yang Bisa Bikin Perut Rata

Ada banyak jenis plank yang bisa kamu lakukan. Semuanya memiliki manfaat yang berbeda, meski fokus utama latihan fisik yang satu ini adalah kekuatan otot inti.

Liputan6.com, Jakarta - Plank adalah salah satu olahraga yang murah meriah dan cukup fleksibel. Latihan fisik yang satu ini tidak banyak membutuhkan alat dan dapat dilakukan di mana pun.

Selain itu, latihan plank juga memiliki banyak manfaat, termasuk membantu mengurangi sakit punggung dan dan dapat memperbaiki postur tubuh. Ini juga salah satu latihan fisik yang cocok dilakukan saat puasa di bulan Ramadan nanti. Kamu bisa melakukannya selama beberapa menit menjelang berbuka.

Namun, jika memutuskan untuk melakukan latihan ini saat puasa, pastikan untuk mengenali kondisi tubuh kamu, ya. Karena mungkin kamu mengalami dehidrasi dan kurang energi lantaran tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama berjam-jam.

Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba latihan plank selama beberapa menit untuk menjaga kebugaran selama Ramadan. Jika kamu merasa pusing dan kelelahan, kamu bisa menghentikan latihan.

Ada banyak jenis plank yang bisa kamu lakukan. Semuanya memiliki manfaat yang berbeda, meski fokus utama latihan fisik yang satu ini adalah kekuatan otot inti.

Apa saja jenis latihan plank yang mungkin bisa kamu ikuti? Berikut beberapa di antaranya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Jenis Plank yang Bisa Kamu Lakukan

1. High plank atau Straight-arm plank

Dilakukan dengan posisi push-up, tetapi tangan diletakkan di bawah bahu dan siku ditekuk sehingga siku berada tepat di bawah bahu.

2. Low plank atau Forearm plank

Dilakukan dengan posisi seperti push-up, namun tangan dilipat di bawah bahu dan lengan berada di bawah siku.

3. Side plank

Dilakukan dengan posisi menyamping dan berat badan didukung pada satu tangan, sementara tangan lainnya diangkat ke atas. Hal ini membantu menguatkan otot inti dan sisi tubuh.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Reverse plank atau Table top

Dilakukan dengan posisi duduk dengan kaki lurus di depan dan tangan diletakkan di belakang tubuh. Latihan ini membantu meningkatkan kekuatan otot inti dan paha.

5. Plank with leg lifts

Dilakukan dengan posisi high plank, tetapi dengan mengangkat satu kaki ke atas secara bergantian untuk menguatkan otot perut dan paha.

6. Plank dengan peregangan

Dilakukan dengan posisi high plank, tetapi dengan menarik lutut ke arah dada untuk meregangkan otot perut dan punggung.

Nah, itu dia beberapa jenis plank yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bahkan bisa melakukan semuanya sebagai plank kombinasi.

Namun, pastikan bahwa fisikmu prima dan mampu untuk melakukannya. Selain itu, istirahatlah ketika kamu merasa lemas dan lelah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.