Sukses

Kemenkumham Bangka Belitung Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59

Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bangka Belitung mengikuti rangkaian acara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 yang digelar di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta. Acara tersebut berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai pertunjukan seperti lomba bakiak, balap karung, mini soccer hingga crazy bamboo.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bangka Belitung mengikuti rangkaian acara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 yang digelar di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta. Acara tersebut berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai pertunjukan sspeeri lomba bakiak, balap karung, mini soccer hingga crazy bamboo.

Mengangkat tema “National Inmate’s Sports Day”, acara tersebut dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H.Laoly. Dalam sambutannya,Yasonna menyampaikan apresiasi kepada para tamu udangan dan para duta besar dari 43 negara sahabat.

Dirinya berharap kegiatan pembukaan ini dapat memperlihatkan bahwa para WBP Indonesia mendapatkan berbagai pembinaan dan pelatihan, sehingga mampu menguasai berbagai keahlian dan juga keterampilan. Keterampilan tersebut seperti kerajinan tangan, yang dapat menghasilkan produk-produk berkualitas dan juga berbagai keterampilan olahraga.

Menurut Yasonna, kegiatan ini membawa pesan besar kepada dunia bahwa narapidana layak diperlakukan sebagai manusia, yang memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti orang lain. Meskipun terkurung oleh dinding Lapas.

“Kami melalui Ditjen Pemasyarakatan berupaya untuk memberikan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan selama masa tahanan, sehingga nantinya setelah bebas para warga binaan mampu kembali ke masyarakat, menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” ujar Yasonna.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Bangka Belitung Harun Sulianto berharap, agar jajarannya dapat bekerja dengan maksimal. Dirinya juga meminta lembaga pemasyarakatan yang berada di wilayahnya agar aktif mempublikasikan kegiatan positif dalam membangun citra pemasyarakatan.

"Bangun citra positif tentang pemasyaraatan melalui kegiatan yang bermanfaat,"ujar Harun.

Sekedar informasi, para duta besar yang hadir terdiri dari perwakilan negara ASEAN, Mesir, Venezuela, U.E.A, Saudi Arabia, Tunisia, Qatar, Ukraina, Thailand, Kroasia, Korea Utara, Seychelles, Nigeria, Italy, Hungaria, Armenia, Marocco, Kenya, South Africa, Pakistan, Armenia, Marocco, Dominika, Nigeria, Nederland, Singapore, Sudan, Jerman dan Mozambique.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.