Sukses

Puting Beliung Terjang Kenteng Gunungkidul, Puluhan Rumah Rusak

Liputan6.com, Gunungkidul - Angin puting beliung melanda Kelurahan Kenteng, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul, Selasa (28/2/2023). Setidaknya ada enam rumah warga di Pedukuhan Bendo yang mengalami kerusakan. 

Staf Kalurahan Kenteng, Sugiyarto mengatakan, sebelum angin puting beliung melanda, wilayahnya diguyur hujan deras. Hujan kemudian terhenti dan hanya tinggal gerimis.

Tidak lama berselang muncul angin yang bertiup cukup kencang dan berputar-putar. Kondisi ini terjadi beberapa saat yang mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak.

“Saat itu tinggal gerimis, sudah tidak hujan lagi. Tiba-tiba muncul angin yang berputar,” katanya.

Beberapa rumah mengalami kerusakan pada bagian atap. Bebebrapa genting terkoyak terbawa angin, di antaranya rumah milik Suparno, Suyatno, Parwanto, Riyadi dan Sunarto.  

"Puting beliung itu terjadi pukul 14.00 WiB tadi," kata dia.

Pascakejadian, pemilik rumah dibantu warga dan relawan melakukan gotong royong. Mereka memperbaiki atap rumah warga yang rusak. 

Sementara itu, angin kencang juga melanda pesisir selatan Pantai Gunungkidul. Setidaknya ada sembilan warung pedagang yang rusak.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Surisdiyanto mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan pesisir selatan Gunungkidul sejak sore. Sekitar pukul 18.30 WIB angin kencang menerjang kawasan Pantai Sepanjang.

"Sejumlah warung atapnya rusak. Sebagian terbang terbawa angin," kata dia, Selasa (28/2/2023).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, karena sebagian pedagang sudah kembali ke rumah. Hanya beberapa yang masih beraktivitas di warung.

Hingga kini, warga belum sempat membersihkan puing-puing atap yang rusak karena terkendala gelap dan hujan. Warga hanya berusaha mengamankan barang-barang mereka di tempat yang lebih aman.

Warga kini masih bersiaga karena hujan deras masih berlangsung dan angin juga masih bertiup kencang. Mereka berharap agar hujan segera reda sehingga tidak ada bencana lagi di wilayag mereka.

"Ini warga masih waspada," kata dia. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono mencatat, setidaknya ada sejumlah titik bencana. Selain Angin puting beliung di kapanewon Ponjong, sejumlah pohon tumbang di dan beberapa lokasi lain. 

"Kami masih mendata. Kami juga menghimbau warga untuk hati-hati dan tetap waspada," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.