Sukses

Kualifikasi F1 Powerboat Ditunda, BMKG Jelaskan Kondisi Cuaca di Danau Toba

Babak kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba, pada Sabtu (25/2/2023) sore ditunda. Diketahui, penundaan kualifikasi ajang balapan perahu super cepat ini dikarenakan angin kencang yang berhembus di lokasi perlombaan.

Liputan6.com, Balige Babak kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba, pada Sabtu (25/2/2023) sore ditunda. Diketahui, penundaan kualifikasi ajang balapan perahu super cepat ini dikarenakan angin kencang yang berhembus di lokasi perlombaan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, saat konferensi pers di Media Center Kominfo F1 Powerboat Lake Toba 2023, di Balige, memberi penjelasan soal kondisi cuaca.

"Kecepatan angin dari Timur Laut, berlawanan dengan arah Danau Toba yang menghadap ke Barat Laut, sehingga menimbulkan gelombang 0,5 meter atau 50 cm yang melebihi batas aman," sebut Dwikorita.

"Kecepatan angin tadi pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB yakni sekitar 5,2 hingga 8 knot," lanjutnya.

Sesi kualifikasi yang tertunda akan dilanjutkan pada Minggu, 26 Februari 2023, yang digelar pukul 08.00 WIB. Setelah itu balapan akan dilanjutkan pada pukul 12.00 WIB dan pukul 15.00 WIB.

"Penyebabnya (penundaan) adalah kecepatan angin, tinggi gelombang, dan temperatur udara," sebutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angin Berhembus Kencang

Diketahui, sebanyak 20 pembalap telah diturunkan ke perairan Danau Toba dan telah sempat mengitari lintasan selama beberapa menit. Namun, angin mulai berhembus kencang dan membuat sesi kualifikasi resmi ditunda demi keamanan pebalap.

Sebelumnya, telah berlangsung 2 kali sesi free practice atau latihan bebas sebagai pemanasan para pebalap untuk mengenal area Danau Toba, yakni extra free practice pada Jumat, 24 Februari 2023 siang, dan first free practice pada Sabtu (25/2/2023) pagi.

3 dari 3 halaman

Thani Al-Qemzi Tercepat

Pada sesi extra free practice, pembalap Tim Abu Dhabi, Thani Al-Qemzi, jadi yang tercepat. Thani mencatat waktu tercepat, tepatnya pada lap ke-15 dengan 1 menit 06,75 detik. Hasil apik itu pun menempatkannya di urutan pertama dari 16 pembalap yang turut melakukan latihan bebas.

Sedangkan pada first free practice, pembalap Tim Swedia, Jonas Andersson, mampu mencatat waktu kurang dari 1 menit, yakni 59.90 detik pada lap ke-14, sehingga membawanya ke urutan pertama dari 20 pebalap.

Jonas bersaing ketat dengan Shaun Torrente, pebalap Tim Abu Dhabi yang mencatat waktu 1 menit 00.12 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.