Sukses

Pengurus HIPMI Dilantik, Momentum Pengusaha Muda Ikut Andil Percepatan IKN

Presiden Jokowi menegaskan HIPMI harus memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional.

Liputan6.com, Nunukan - Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) masa bakti 2023 – 2025 resmi dilantik Presiden Jokowi Widodo (Jokowi). Beberapa tokoh pendahulu HIPMI serta Menteri dalam cabinet kerja juga hadir dalam pelantikan yang berlangsung hikmat dan penuh kehangatan tersebut.

Ketua Bidang Infrastruktur, Tata Ruang dan Perhubungan, Muliandy Nasution mengatakan, pelantikan itu harus menjadi momentum bagi para pengurus dan juga para pengusaha-pengusaha muda di Indonesia. Menurut dia, pengusaha muda Indonesia harus ikut andil dalam merekontruksi rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia.

“Kepercayaan ini saya maknai sebagai momentum untuk kita sebagai pengusaha muda agar cepat melakukan akselerasi tidak hanya dalam sikap dan tingkah laku, namun di mulai dari cara kita berpikir. Termasuk mengenai rencana pemindahan  Ibu Kota Indonesia saya yakini bukan hanya menyoal perihal simbolis saja. Kita wajib merekontruksi ulang apa-apa saja yang tujuannya demi kebaikan dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Dia mengatakan, pengusaha muda harus memiliki ide-ide kreatif baru atas pemindahan IKN ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Apalagi di situasi ekonomi global saat ini, perlu ada terobosan baru seperti instruksi dari Presiden dalam pelantikan HIPMI masa bakti 2023 – 2025.

“Terobosan dan kreatifitas dalam menghadapi sebuah permasalahan ke depan adalah sebuah keniscayaan. Di situasi ekonomi global yang super komplikasi seperti yang di sampaikan juga tadi oleh Bapak Presiden bahwa saat ini tidak ada yang namanya standar yang baku, semuanya telah  terdepstrusi,” ucapnya.

“HIPMi sejatinya adalah pusat inkubator. Bukan hanya menghasilkan anak muda yang mampu berusaha namun juga mampu bersama pemerintah memberikan kontribusi dan menjawab berbagai permasalahan-permasalahan kenegaraan yang ada saat ini ataupun yang akan datang,” katanya lagi.

HIPMI masa bakti 2023-2025 akan dipimpin oleh Akbar Buchari sebagai Ketua Umum terpilih. Dalam sambutannya, pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia sangat mempengaruhi peningkatan perekonomian. Akan tetapi, dengan semangat pemuda yang ada, goyahnya ekonomi akibat pandemi bisa diatasi.

“Apalagi Pak Presiden Jokowi juga memiliki optimisme akan mampu melihat peluang jika kita berhasil melewati tantangan tersebut. Tidak hanya sukses dalam menghadapai tantangan pandemi, gagasan luar biasa berupa IKN baru yang mulai di realisasikan. Ini menjadi bukti bahwa pemerintah tidak hanya membangun pulau jawa tapi membangun Indonesia secara berkeadilan. Karenanya HIPMI berkomitmen menjadi penggerak ekonomi bangsa mendukung berkelanjutan ekonomi nasional,” ucap Akbar Buchari.

Presiden Jokowi menegaskan, HIPMI harus memiliki kontribusi besar bagi tumbuh kembangnya roda perekonomian bangsa Indonesia. Apalagi, pengurus HIPMI 2023-2025 merupakan format pengurusan terbanyak dengan jumlah 239 orang.

“Saya mengapresiasi 239 pengurus. Itu bukan besar karena negara kita ini 282 juta penduduknya. Jadi kalau pengurusnya 239 menurut saya ya biasa. Dari sabang sampai merauke semuanya bisa terakomodir dalam kepengurusan HIPMI yang sekarang,” kata Presiden.

simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.