Sukses

4 Destinasi Wisata di Ujung Kulon Selain Pantai

Selain wisata bahari, berikut beberapa destinasi wisata Ujung Kulon yang bisa dikunjungi

Liputan6.com, Banten - Berpelesir ke Ujung Kulon, tak hanya berkutat pada pesona pantai dan pulau di sekitarnya. Masih ada banyak destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon memang didominasi oleh perairan. Taman Nasional ini bahkan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Natural World Heritage Site pada 1992. Taman Nasional Ujung Kulon juga merupakan rumah bagi badak Jawa yang terancam punah.

Selain wisata bahari, berikut beberapa destinasi wisata Ujung Kulon yang bisa dikunjungi:

1. Air Panas Cibiuk 

Air Panas Cibiuk atau Sumber Air Panas Cibiuk terletak hanya beberapa meter saja dari Taman Wisata Ujung Kulon. Konon, masyarakat setempat percaya air di destinasi wisata ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit.

2. Gunung Honje

Kawasan Ujung Kulon ternyata juga memiliki gunung, yakni Gunung Honje. Gunung Honje memiliki luas sekitar 19.500 hektare dan di sekitarnya dikelilingi oleh sembilan belas desa penyangga, baik yang berbatasan langsung maupun tidak.

Salah satu desa yang menjadi pintu gerbang masuk ke Taman Nasional Ujung Kulon adalah Desa Tamanjaya. Pengunjung dapat memasuki kawasan ini melalui desa tersebut.

3. Gua Sanghyang Sirah

Gua Sanghyang Sirah kerap dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah. Konon, masyarakat setempat percaya goa tersebut pernah dikunjungi Khalifah Ali sehingga terdapat Batu Quran.

Seorang juru kunci, Abah Syargani, menceritakan makna sesungguhnya Sanghyang Sirah dan Ujung Kulon. Ujung Kulon berarti 'ujungnya kula' atau 'ujung aku', sedangkan 'sirah' berarti kepala atau pusatnya ilmu pengetahuan. Dengan demikian, Sanghyang Sirah dikisahkan sebagai tempat berkumpulnya waliyullah (wali Allah).

Cerita turun temurun masyarakat setempat menyebut, lokasi tersebut merupakan tempat sahabat sekaligus menantu Rasulullah SAW, Khalifah Ali Bin Abi Thalib, bertemu dengan tokoh Sunda. Ia menyerahkan Al-Quran sebagai pedoman menyebarkan agama Islam di Nusantara. Cerita tersebut kemudian diyakini menjadi penyebab adanya Batu Quran di Gua Shangyang Sirah.

4. Padang Cidaon

Padang Cidaon atau yang juga disebut Savana Cidaon berlokasi di Ujungjaya, Sumur, Pandeglang, Banten. Berkunjung ke destinasi wisata ini membuat pengunjung bisa melihat sejumlah satwa yang sedang memakan rumput di lahan yang luas.

Namun, pengunjung harus tetap hati-hati karena satwa di sini tergolong sebagai satwa liar. Sebaiknya, cukup melihat dari jauh atau berlindung di balik pepohonan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.