Sukses

5 Warung Es Legendaris Kudus yang Tak Kalah dengan Minuman Kekinian

Setidaknya, ada beberapa warung es legendaris di Kudus yang masih diminati pengunjung hingga sekarang.

Liputan6.com, Kudus - Tak hanya makanan, setiap daerah juga memiliki warung minuman atau warung es yang legendaris. Keberadaan warung yang menyediakan minuman tersebut juga menjadi bukti eksistensinya minuman segar ini di tengah gempuran minuman penyegar kekinian.

Keberadaan warung es legendaris itu juga terletak di Kudus, Jawa Tengah. Setidaknya, ada beberapa warung es legendaris yang masih diminati pengunjung hingga sekarang.

Berikut warung es legendaris Kudus:

1. Es Buah Nusantara

Es Buah Nusantara atau Warung Es Nusantara berlokasi di Jalan Kyai H Wahid Hasim Nomor 50A, Magersari, Panjunan, Kudus, Jawa Tengah. Warung ini menyediakan es buah segar yang disajikan tanpa susu.

Dalam satu porsi berisi aneka macam buah dan bahan lainnya, seperti pepaya, kolang-kaling, nanas, agar-agar, dan es serut. Selain es buah, warung es Kudus juga menawarkan menu es lainnya, seperti es kolak dan es kacang hijau.

2. Es Dawet Moro Seneng Kliwon

Es Dawet Moro Seneng Kliwon berlokasi di Pasar Kliwon, Kudus. Terdapat dua lokasi di Pasar Kliwon yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kesegaran es dawet ini, yakni di lantai 2 dan di sebelah timur Pasar Kliwon.

Es Dawet Moro Seneng Kliwon yang berlokasi di sebelah timur Pasar Kliwon ini tepatnya berada di Gang Jayan, Mlati Lor, Kudus, Jawa Tengah. Es dawet yang disajikan cukup kental dan memiliki tekstur dawet yang lembut. Terdapat dua varian es dawet yang ditawarkan, yakni es dawet dengan sirup merah dan es dawet dengan gula aren.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Es Gempol Mekar Sari Pak Yanto

3. Es Gempol Mekar Sari Pak Yanto

Es Gempol Mekar Sari Pak Yanto berlokasi di Jalan Kyai H Wahid Hasim Nomor 64, Magersari, Panjunan, Kudus, Jawa Tengah. Sajian es gempol di sini terasa semakin mantap karena ada tambahan putu mayang dan tape ketan.

Es gempol memiliki cita rasa manis dan gurih. Rasa tersebut berasal dari sirup merah khas Kudus serta santan asli.

4. Rujak Es Cream Pak Yitno

Rujak Es Cream Pak Yitno berlokasi di Jalan KH Turaichan Adjhuri Nomor 87, Pejaten, Langgardalem, Kudus, Jawa Tengah. Es di sini menawarkan perpaduan rujak serut yang pedas-manis dengan es krim rasa kelapa yang creamy. Meski relatif kecil, tetapi warung ini selalu penuh sesak oleh pembeli.

5. Warung Ronde Mak Moyong

Warung Ronde Mak Moyong berlokasi di Ruko Kyai H Agus Salim, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Selain ronde, warung ini juga menawarkan segarnya es ronde, es roti, es sekoteng, dan lainnya.

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari air jahe dengan isian kacang hijau, pacar cina, potongan roti tawar, dan lainnya. Minuman ini biasanya disajikan hangat, tetapi tak sedikit pula yang menikmatinya dalam keadaan dingin.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.