Sukses

Valentine Identik dengan Cokelat, Berikut Sejarahnya Jadi Simbol Valentine

Hari Valentine yang jatuh setiap 14 Februari identik dengan ungkapan rasa sayang.

Liputan6.com, Bandung - Hari Valentine yang jatuh setiap 14 Februari merupakan hari yang identik dengan ungkapan rasa sayang. Biasanya, Hari Valentine identik dengan beberapa hal tertentu. Misalnya saja bunga, cokelat, hingga berbagai hal yang diungkapkan kepada pasangan.

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa cokelat sangat identik dengan sebuah makanan yang selalu hadir di perayaan Hari Valentine. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi di beberapa negara lainnya.

Bahkan cokelat seringkali dijadikan simbol sebagai pemberian penuh cinta dan dikenal romantis bagi sejumlah pasangan. Sama halnya seperti memberikan bunga, cokelat juga bisa membuat para gadis-gadis gembira dengan pemberian cokelat tersebut.

Seperti diketahui, cokelat menjadi sebuah simbol romantis bagi para perempuan selain bunga. Adapun salah satu bentuk pemberian cokelat yang banyak disukai perempuan adalah kotak cokelat di Hari Valentine.

Melansir dari History, sejarah kotak cokelat di Hari Valentine sendiri dibuat oleh Richard Cadbury. Ia menjadi orang pertama yang memunculkan ide mengenai kotak coklat tersebut. Richard sendiri dikenal sebagai keturunan keluarga pengusaha cokelat bergengsi di Inggris.

Saat itu, Richard Cadbury mencoba meningkatkan teknik dari pembuatan cokelatnya agar bisa mengekstraksi mentega kakao murni dari biji utuh dan menghasilkan minuman cokelat yang lebih enak. Sampai akhirnya Cadbury pun berhasil membuat mentega kakao dalam jumlah berlebih.

Hingga akhirnya ia menghasilkan variasi yang disebut ‘eating chocolate’ atau makan cokelat. Richard pun melihat adanya peluang dari cokelat tersebut. Dia pun membuat cokelat baru dengan kotak dan dekorasi indah yang dirancang sendiri.

Kemudian, pada 1800-an cokelat pun menjadi salah satu simbol romantisme dan menjadi salah satu media dalam mengungkapkan rasa sayang di Hari Valentine. Richard Cadbury membuat sebuah tempat cokelat berbentuk hati dan menurutnya kotak cokelat tersebut bisa dimanfaatkan meskipun cokelatnya telah habis dimakan.

Ia berpendapat jika kotak cokelat berbentuk hati tersebut bisa digunakan untuk menyimpan berbagai kenang-kenangan. Seperti misalnya surat cinta, dan lain sebagainya yang mengingatkan pada pasangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.