Sukses

Dulu Ramai Kini Terbengkalai, Ini Deretan 5 Destinasi Wisata yang Tak Lagi Terpakai

Berikut deretan lima destinasi wisata Indonesia terbengkalai

Liputan6.com, Jakarta - Sektor pariwisata semakin mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Semakin banyak destinasi wisata Indonesia baru yang muncul dengan keunikannya masing-masing.

Namun, di sisi lain, ada juga destinasi wisata yang mulai ditinggalkan. Banyak faktor yang melatarbelakangi terbengkalainya beberapa destinasi wisata tersebut.

Berikut deretan lima destinasi wisata Indonesia terbengkalai:

1. Depok Fantasi Waterpark

Depok Fantasi Waterpark atau yang juga dikenal dengan Aladin Waterpark dahulu berlokasi di Jalan Boulevard Grand Depok City, Tirtajaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Kabarnya, destinasi wisata ini tutup karena imbas pandemi.

Bahkan, pionir taman rekreasi air di kota Depok ini sudah rata dengan tanah. Sebelum ditutup, Aladin Waterpark yang berdiri pada 2008 ini selalu ramai pengunjung, khususnya anak-anak. Mengusung nuansa Timur Tengah, taman wisata air ini memiliki beragam wahana, mulai dari seluncuran air yang tinggi, air mancur, ember tumpah, dan lainnya.

2. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland dulu terletak di Jalan Sersan Bajuri KM.3,8 Cihideung Parongpong, Bandung Barat. Tempat wisata ini sudah tutup sejak 2017 karena dilanda pailit.

Kawasan wisata ini juga dibiarkan begitu saja dan cenderung terbengkalai. Tempat wisata yang sudah tak terawat ini bahkan terlihat angker. Suasana angker tersebut pun dimanfaatkan para wisatawan pencinta horor untuk berburu spot foto.

3. Snowbay Water Park

Snowbay Water Park merupakan destinasi taman wisata air yang berada di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Lokasi wisata ini terpaksa berhenti beroperasi usai merebaknya pandemi Covid-19 dan TMII resmi diambil alih pemerintah.

Saat masih beroperasi, Snowbay Water Park cukup digandrungi masyarakat karena memiliki fasilitas wahana permainan yang lengkap, seperti seluncuran hurricane dan cool running. Seiring dengan renovasi TMII, Snowbay Water Park kini dialihfungsikan menjadi elevated parking (tempat parkir bertingkat) untuk mobil.

4. Taman Festival Bali

Dahulu, Taman Festival Bali ramai dikunjungi turis lokal dan mancanegara. Namun, sekarang objek rekreasi ini lebih populer dijadikan sebagai spot foto tempat terbengkalai.

Banyak tanaman merambat, semak belukar, dan grafiti yang memenuhi tempat tersebut. Hal ini memberikan nuansa angker yang kental.

Berada tak jauh dari Pantai Sanur, Bali, tempat ini diklaim sebagai taman festival yang sangat megah dan besar pada masanya. Karena krisis 1999, Taman Festival Bali pun harus gulung tikar setelah dua tahun beroperasi.

5. Taman Remaja Surabaya

Taman Remaja Surabaya sempat menjadi destinasi wisata murah yang sering dikunjungi wisawatan. Terdapat 20 wahana permainan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung saat itu.

Kini, taman hiburan yang berdiri pada 1971 ini ditutup oleh pemerintah kota setempat karena habisnya masa kerja sama dengan pengelola. Destinasi wisata yang tutup pada 2018 ini, kini menjadi tempat yang cukup angker. Beberapa warga pernah mendengar keramaian dan suara musik di malam hari.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.