Sukses

Manado Banjir, BMKG Prediksi Hujan dan Petir hingga 28 Januari

Pada 28 Januari 2023, peringatan dini cuaca berlaku di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Kamis 26 Januari 2023 memperkirakan beberapa wilayah di Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat hingga tiga hari ke depan.

"Hujan sedang hingga lebat ini dapat disertai dengan petir atau kilat dan angin kencang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben Molle, ditulis Jumat (27/1/2023), seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi menerbitkan peringatan dini cuaca yang berpotensi terjadi di wilayah Sulut.

Pada Kamis (26/1), BMKG memperkirakan hujan yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Begitupun dengan Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro) dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sehari berikutnya, kondisi cuaca seperti ini diprediksi terjadi Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Selatan, Begitupun dengan Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Pada 28 Januari 2023, peringatan dini cuaca berlaku di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Kami berharap masyarakat terus meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi menjelang puncak musim hujan di Februari mendatang," ujar dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir hingga Satu Meter

Banjir melanda Manado akibat hujan yang mengguyur sejak Kamis malam hingga Jumat pagi (27/1/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado Donald Sambuaga, mengatakan hampir semua wilayah Manado terendam banjir dengan ketinggian 50 sampai 100 cm.

"Di daerah tertentu air naik lebih tinggi, kami sudah berada di lapangan dan bekerjasama dengan semua pemangku kepentingan, terutama instansi terkait, melakukan pertolongan kepada masyarakat," kata Sambuaga, dikutip dari Antara.

Pihaknya sudah melakukan upaya cepat sambil melakukan pendataan dan menolong warga yang memerlukan bantuan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.