Sukses

Kopi Rarobang, Olahan Kopi dan Rempah Khas Ambon

Minuman ini merupakan hasil modifikasi penduduk setempat yang mencampurkan rempah-rempah khas Ambon ke dalam penyajiannya.

Liputan6.com, Ambon - Kopi rarobang merupakan salah satu jenis kopi khas Indonesia yang berasal dar Ambon, Maluku. Kopi ini telah dikenal oleh para penikmat kopi, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Mengutip dari indonesiakaya.com, Ambon sebenarnya bukan merupakan daerah penghasil kopi. Namun, masyarakat setempat membuat racikan kopi sendiri yang kini dikenal dengan nama kopi rarobang.

Pada dasarnya, kopi rarobang merupakan kopi Arabica yang memang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Namun, minuman ini merupakan hasil modifikasi penduduk setempat yang mencampurkan rempah-rempah khas Ambon ke dalam penyajiannya.

Kopi memang sudah dikenal memiliki manfaat menenangkan dan mampu memberikan kenikmatan tersendiri dibandingkan minuman hangat lainnya. Namun, menurut beberapa cerita, para pendahulu masyarakat Ambon ingin manfaat lebih dari sekadar kopi nikmat yang menenangkan.

Mereka ingin membuat minuman yang juga memberi manfaat kesehatan bagi yang menikmatinya. Akhirnya, mereka pun memadukan kopi dengan aneka rempah khas nusantara. Pasalnya, rempah-rempah menjadi hasil utama di Maluku sejak dahulu.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, yakni cukup menyiapkan bahan-bahan utama, seperti kopi Arabica, jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, serai, dan kacang kenari. Kemudian, semua bahan kecuali kacang kenari dijadikan satu dalam rebusan air panas dan dimasak hingga mendidih.

Setelah matang, air hasil rebusan tersebut disaring hingga mendapatkan campuran kopi yang berbeda dari biasanya. Sebagai sentuhan terakhir, irisan kacang kenari ditaburkan di atas kopi yang sudah tersaji di dalam cangkir.

Bagi penikmat kopi susu, kamu juga bisa menambahkan sedikit kental manis sebagai campuran kopi rarobang. Minuman ini dipercaya dapat memberikan ketenangan sekaligus memulihkan kondisi tubuh yang lelah.

(Resla Aknaita Chak)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.