Sukses

Volume Penumpang KA Datuk Belambangan Terus Meningkat Sejak Kembali Beroperasi, Harga Tiket?

Sejak kembali beroperasi melayani penumpang pada 6 Januari 2023 sampai dengan Selasa, 17 Januari 2022, Kereta Api (KA) Perintis Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi-Lalang pulang pergi telah mengangkut 6.309 penumpang.

Liputan6.com, Medan Sejak kembali beroperasi melayani penumpang pada 6 Januari 2023 sampai dengan Selasa, 17 Januari 2022, Kereta Api (KA) Perintis Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi-Lalang pulang pergi telah mengangkut 6.309 penumpang.

"Jumlah tersebut sama dengan 110 persen dari 480 tempat duduk yang disediakan setiap harinya," kata Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) Anwar Solikhin, Rabu (18/1/2023).

Berdasarkan data angka tersebut, menandakan volume penumpang KA Perintis Datuk Belambangan terus meningkat setiap harinya, dampak dari antusiasme warga Tebing Tinggi-Lalang yang menggunakan kereta api.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah di bidang transportasi, dalam hal ini Ditjen Perkeretaapian bersama PT KAI Divre I Sumut kembali mengoperasikan KA Perintis Datuk Belambangan menggunakan rangkaian Ekonomi Premium dengan total jarak tempuh perjalanan sekitar 35 Kilometer (Km).

Terdapat 5 stasiun yang dilewati KA Perintis Datuk Belambangan, Stasiun Tebing Tinggi-Laut Tador-Bandar Tinggi-Tanjung Gading-Lalang. Dengan beroperasinya KA Datuk Belambangan, maka Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Medan Ditjen Perkeretaapian telah membangun 2 stasiun baru, Tanjung Gading dan Lalang.

Disebutkan Anwar, antusiasme masyarakat sangat tinggi dengan beroperasinya Kereta Api Datuk Belambangan. Tercatat setelah 12 hari beroperasi, total volume penumpang sudah mencapai 6.309 dan trendnya terus bertambah setiap hari.

"Transportasi kereta api memang menjadi pilihan tepat untuk berpergian, selain bebas macet naik kereta api juga nyaman, aman, dan memprioritaskan keselamatan," sebutnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemesanan Tiket

Anwar menambahkan, bagi masyarakat yang ingin naik KA Perintis Datuk Belambangan dapat melakukan pemesanan tiket secara online melalui aplikasi KAI Access sampai dengan H-7 keberangkatan dan tiket pergi pulang.

"Untuk pemesanan tiket di loket stasiun hanya untuk go show 3 jam sebelum keberangkatan," terangnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Keberangkatan

Adapun jadwal keberangkatan KA Perintis Datuk Belambangan, dengan harga tiket sebesar Rp 5.000, sebagai berikut:

U64F (Tebing Tinggi-Lalang)

Stasiun Tebing Tinggi: pukul 10.50 WIB

Stasiun Bandar Tinggi: pukul 11.35 WIB

Stasiun Tanjung Gading: pukul 11.57 WIB

Tiba di Stasiun Lalang: pukul 12.32 WIB

U63F (Lalang-Tebing Tinggi)

Stasiun Lalang: pukul 13.05 WIB

Stasiun Tanjung Gading: pukul 13.42 WIB

Stasiun Bandar Tinggi: pukul 14.05 WIB

Tiba di Stasiun Tebing Tinggi: pukul 14.35 WIB

"Kami mengajak kepada masyarakat setempat dan pihak-pihak kewilayahan terkait untuk bersama-sama mendukung perjalanan KA Datuk Belambangan, serta menciptakan perjalanan KA yang aman, nyaman dan selamat sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian," Anwar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.