Sukses

Politeknik Sinar Mas Berau Coal Wisuda 79 Mahasiswa

Politeknik Sinar Mas Berau Coal meluluskan 79 mahasiswa yang siap bersaing di dunia kerja karena memiliki keahlian yang mumpuni.

Liputan6.com, Berau - Wisuda merupakan momentum paling berkesan dan paling ditunggu semua mahasiswa. Senyum bangga dan penuh haru menghiasi jalannya prosesi wisuda, terutama saat Rektor memindahkan tali kuncir toga yang dikenakan wisudawan dari kiri ke kanan.

Hal itulah yang dirasakan para wisudawan dan wisudawati program studi D3 dan D4 Politeknik Sinar Mas Berau Coal, saat wisuda di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, Selasa (10/1/2023) lalu. Puluhan lulusan itu dipastikan telah siap terjun ke masyarakat dan mengabdikan ilmu yang dipelajari selama menjadi mahasiswa.

Direktur Poltek Simas Berau Coal, Kris Adi Nugraha mengucapkan selamat pada wisudawan yang tengah berbahagia.

“Kami ucapkan selamat atas keberhasilan dalam menempuh perjalanan ilmiah yang cukup panjang, berliku dan penuh suka duka. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang harus kuliah sambil bekerja untuk meraih cita-cita,” ujarnya.

Wisuda kali ini adalah wisuda kedua yang digelar Poltek Simas Berau Coal. Adapun jumlah 79 orang yang diwisuda itu terdiri dari bidang studi teknologi rekayasa logistik meluluskan 21 mahasiswa, studi perawatan mesin 21 mahsiswa dan studi survey dan pemetaan meluluskan 37 mahasiswa dari dua angkatan.

Wisudawan terbaik datang Program Studi Teknologi Rekayasa Logistik 2018, Ranto Syah Putra Pandiangan. Dia berhasil meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi 3,96.

“Yang cukup membanggakan, indeks prestasi kumulatif rata-rata 3.51. Dengan lama studi rata-rata 3 tahun untuk program Diploma 4 selama 4 tahun. Padahal diantara para wisudawan tersebut, sebagian sudah mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Kris menjelaskan, lulusan-lulusan Poltek Simas Berau Coal telah dilatih hardskill dan softskill. Untuk meningkatkan SDM berdaya saing tinggi, pihak kampus bahkan melibatkan semua stakeholder, khususnya pegiat industri di Kabupaten Berau, para praktisi industri dan juga asosiasi untuk memberi pengajaran khusus pada mahasiswa.

“Mereka yang lulus, sudah bisa langsung siap terjun di dunia kerja, dan industri. Tantangan terakhir bagi wisudawan bagaimana menunjukkan kapasitas terbaik lulusan poltek di dunia industri,” ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekal ke Masyarakat

Turut memberi selamat, Direktur PT Berau Coal, Arief Wiedhartono memberi pesan pada para wisudawan. Dia menyebut wisuda adalah tanda dimulainya terjun ke masyarakat. Bekal pendidikan yang telah ditempuh, harus diaplikasikan. Baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, pendidikan karakter, serta kesempatan praktik kerja yang sudah dijalani.

“Tentunya bisa menjadi bekal bagi mereka mendapatkan pekerjaan dan berkarya mengamalkan ilmunya sesuai bidangnya masing-masing. Hal itu menjadi komitmen memberdayakan generasi muda Berau, menjadi generasi siap kerja dan berdaya saing tinggi,” paparnya.

Dijelaskan dia, Poltek Simas Berau Coal merupakan bagian dari komitmen PT Berau Coal untuk membantu Pemkab Berau memajukan dunia pendidikan. Mengingat, banyak kesempatan kerja yang ada di Berau namun masih kekurangan pekerja yang terampil, atau belum dimiliki dari segi SDM yang dibutuhkan.

Senada, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) XI Kalimantan, Muhammad Akbar menyebutkan, program tersebut merupakan program unggulan dan menjadi idola. Namun dia tak lupa, suksesnya Poltek Simas Berau Coal tak lepas dari dukungan Pemerintah kabupaten Berau.

“Kepada Pemkab Berau juga terima kasih atas dukungannya yang luar biasa dan sinergitasnya selama ini dengan PT Berau Coal dalam pengembangan SDM di Kabupaten Berau,” sebutnya.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Berau, Agus Wahyudi membalas, momentum wisuda ini juga membuktikan eksistensi Poltek Simas Berau Coal yang sejatinya tidak hanya untuk kepentingan Kabupaten Berau, tapi lebih luas lagi. Dia berharap Poltek Simas Berau Coal dapat terus mendukung terbentuknya ekosistem pendidikan yang representatif dalam rangka penyediaan sumber daya manusia yang unggul, dan berdaya saing untuk menjawab kebutuhan industri saat ini.

“Kami sangat berterimakasih kepada Berau Coal atas dukungannya selama ini kepada pemerintah daerah Berau. Semoga sinergitas ini dapat terus berlanjut dan berjalan lebih baik kedepannya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.