Sukses

Manfaat Kayu Ulin, Mulai dari Pengobatan hingga Dekorasi

Kayu ulin adalah pohon besar yang hidup di berbagai negara, termasuk Sri Lanka, India, Nepal selatan, Burma, Thailand, juga Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan kayu ulin? Kayu yang biasanya digunakan untuk dekorasi rumah ini, ternyata punya manfaat lain, lho. Apa saja manfaat kayu ulin? Simak, yuk!

Kayu ulin adalah pohon besar yang hidup di berbagai negara, termasuk Sri Lanka, India, Nepal selatan, Burma, Thailand, juga Kalimantan. Karena teksturnya yang keras dan seperti besi, kayu ini juga dikenal dengan kayu besi dan banyak dimanfaatkan untuk furniture.

Tapi rupanya, manfaat kayu ulin tak hanya sebagai material dekoratif, karena konon bisa digunakan sebagai ramuan herbal.

Bagian dari pohon ulin yang digunakan sebagai obat adalah biji dan buahnya. Ini karena biji dan buahnya mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk untuk mencegah penyakit pernapasan, menyembuhkan pendarah haid berlebihan, mengobati keputihan, menyembuhkan demam, dan asam urat.

Selain itu, buah matang dari pohon ulin juga dapat dimakan. Warnanya kemerahan dan berkerut saat matang dan menyerupai kastanye dalam ukuran, bentuk, kulit, zat dan rasa.  Bukan hanya itu, daun muda dan bunga dari kayu ulin juga bisa dimakan. Hal tersebut menambah jumlah manfaat kayu ulin bagi kehidupan.

Dengan banyaknya manfaat kayu ulin, serta nilai ekonominya yang tinggi banyak negara yang kemudian membudidayakannya untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pengobatan hingga kebutuhan dekorasi.

Manfaat Kayu Ulin

Pohon kayu ulin sangat besar dan biasanya menjulang setinggi 20 meter bahkan ada yang lebih dari 30 meter. Pohon ini kebanyakan tumbuh di hutan Kalimantan. Biasanya, pohon ulin dijadikan sebagai sarang para satwa endemik Kalimatan, Orangutan.

Banyak orang yang mengetahui bahwa kayu ulin bermanfaat sebagai bahan konstrusksi bangunan dan furnitur. Padahal, pohon ulin memiliki segudang manfaat, termasuk pengobatan. Bahkan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan pohon ulin sebenarnya sudah dilakukan sejak lama.

Selain itu, pohon ulin juga juga bermanfaat untuk ekologi, termasuk menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, menyerap air dan mencegah erosi, hingga sumber kehidupannya Orangutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

1. Menyembuhkan Pendarahan Haid Berlebihan

Pendarahan menstruasi yang berat ditandai sebagai kemalangan darah lebih menonjol dari sekitar 80 mililiter setiap siklus. Pendarahan menstruasi yang berat dapat disebabkan oleh berbagai masalah fisik dasar. Salah satu alasan penting untuk menoragia perlu dilakukan dengan hormon.

2. Obat Peradangan

Kayu ulin memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan rasa sakit, yang sangat baik bagi tubuh kita untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi teh kayu ulin secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah kita. Termasuk, mencegah berbagai jenis masalah terkait jantung seperti serangan jantung, stroke jantung, dll. Membantu mengurangi berbagai jenis masalah terkait peradangan seperti asma, ketegangan otot kronis dan radang sendi.

3. Mencegah Penyakit Gastrointestinal

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa bunga pohon ulin sangat membantu dalam mengobati asam lambung, kehilangan nafsu makan, muntah, mulas, gastritis, hematemesis, tukak lambung dan nyeri pada usus. Selain itu, juga sangat baik untuk mengobati diare dan disentri, gangguan hati dan wasir berdarah. Benang sari bunga pohon ulin bisa digunakan untuk menyembuhkan disentri kronis dan diare berdarah. Sementara pasta bunga pohon ulin dapat membantu mengobati wasir berdarah.

4. Menyembuhkan Penyakit Pernapasan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa bunga pohon ulin sangat membantu dalam menyembuhkan gangguan pernapasan, seperti batuk, bronkitis dan asma.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Membantu Mengobati Demam

Kayu ulin memiliki sifat obat penurun panas yang menurunkan suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh demam. Ini juga membantu menurunkan peradangan yang disebabkan oleh demam.

6. Menyembuhkan Disuria

Disuria adalah penyakit infeksi saluran kemih yang menimbulkan rasa sakit, ketidaknyamanan dan rasa terbakar saat buang air kecil. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa rebusan yang terbuat dari kayu ulin dan dimaniskan dengan gula sangat bermanfaat dalam keadaan buang air kecil yang menyakitkan, sulit buang air kecil, atau darah dalam urin.

7. Menyembuhkan Disentri

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kayu ulin sangat membantu dalam mengobati disentri, karena sifat hemostatiknya. Untuk menghentikan pendarahan dapat mengkonsumsinya dengan mentega dan gula dua kali sehari.

8. Mencegah Gangguan Kulit

Minyak biji kayu ulin terbukti sebagai aplikasi luar yang baik dan menormalkan kulit. Itulah mengapa minyak biji kayu ulin menjadi komponen utama dari banyak persiapan kosmetik.

4 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Kayu Ulin

Dengan banyaknya manfaat dari pohon ulin, yang kemudian menjadian pertanyaan adalah apa kandungan dari bagian-bagian pohon ulin yang dimanfaatkan sebagai obat?

Daun, bunga, dan biji pohon ulin ternyata memiliki berbagai kandungan yang baik. Beberapa di antaranya adalah zat fitokimia yang dimiliki ulin antara lain, manfaat senyawa flavonoid, tanin, saponin dan sterol – terpenoid.

Kandungan yang terdapat pada daun ulin ini merupakan zat kimia atau nutrien yang memang pada dasarnya diturunkan dari tumbuhan, biasanya pada manfaat sayur-sayuran atau buah-buahan.

Sementara biji dari buah ulin mengandung zat yang dapat menghitamkan rambut. Hingga, banyak warga Kalimantan yang memanfaatkannya untuk menghitamkan rambut dan mencegah uban.

Dengan banyaknya manfaat pohon ulin dan juga harga jualnya yang tinggi, membuat banyak orang tidak bertanggungjawab yang menebangnya secara liar. Ini disebabkan oleh jumlah permintaan yang tinggi. Namun akibatnya, saat ini kayu ulin mulai langka. Apalagi, pohon ulin adalah salah satu pohon dengan pertumbuhan yang lambat.

Itulah beberapa informasi tentang manfaat kayu ulin atau kayu besi, yang kini mulai langka. Semoga bermanfaat!

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.