Sukses

Sumut Tuan Rumah Pembukaan F1 Powerboat, Berpotensi Raup Rp 212 Miliar

Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah pembukaan F1 Powerboat yaitu Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1. Kegiatan akan diselenggarakan di Danau Toba pada 24 hingga 26 Februari 2023.

Liputan6.com, Medan Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah pembukaan F1 Powerboat yaitu Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1. Kegiatan akan diselenggarakan di Danau Toba pada 24 hingga 26 Februari 2023.

Selaku tuan rumah pembukaan F1 Powerboat atau F1H2O, Sumut berpotensi meraup Rp 212 miliar. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, ingin event internasional ini berjalan lancar sehingga mampu mendorong perekonomian daerah.

Event F1 Powerboat atau F1H2O ini akan dihadiri 10 tim. Setiap tim rata-rata akan membawa 300 personel. Menurut Edy Rahmayadi, event ini akan memberikan dampak besar terhadap pariwisata dan perekonomian Sumut.

"Ini event besar, ribuan orang dari mancanegara akan hadir di Sumut. Kita harus mempersiapkan itu semua, akomodasi, transportasi, termasuk kesiapan masyarakat sebagai tuan rumah," kata Edy Rahmayadi saat rapat persiapan menjelang F1H2O di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman, Kota Medan, Rabu (11/1/2022).

Disebutkan Gubernur Edy, manfaat ekonomi yang bisa diraup Sumut berasal dari penyerapan tenaga kerja, belanja akomodasi seperti hotel, transportasi, UMKM, dan juga sektor-sektor lain di pariwisata. Masyarakat Sumut diminta memeriahkan dan menyukseskan acara internasional ini.

"Masyarakat kita harus juga menyambut 3.000 lebih orang asing, di tambah wisatawan nasional dan lokal, khususnya di Danau Toba. Kebersihan, kerapian, dan keramahan, kita jaga bersama agar orang yang datang senang dan nyaman," sebut Edy Rahmayadi, yang merupakan Ketua Panitia Daerah.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Kemanan dan Kenyaman

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, pihaknya bersama TNI mempersiapkan keamanan dan kenyamanan. Pihak Kepolisian juga sudah menyiapkan modifikasi lalu lintas demi kelancaran F1H2O di Danau Toba.

"Kita persiapkan seperti pembangunan arena, rencana pengamanan, termasuk pos pengamanan dan transportasi untuk perlengkapan balap. Tanggal 16 Februari 2022 harus sudah masuk ke Balige perlengkapannya di dalam peti kemas dari Pelabuhan Belawan," kata Panca, yang merupakan Ketua II Panitia Daerah Bidang Keamanan.

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menambahkan, walau event ini diadakan di Balige, tepatnya di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, daerah lain juga perlu bersiap diri, terutama di sekitar Danau Toba.

"Karena wisatawan, peserta, tidak akan hanya menetap di Balige, tetapi juga ke sekitarnya. Kita perlu perhatikan hal tersebut," kata Achmad Daniel Chardin, yang merupakan Ketua I Panitia Daerah Bidang Keamanan.

3 dari 3 halaman

Dihadiri Unsur Lainnya

Rapat turut dihadiri Kabinda Sumut, Asep Jauhari PL, serta unsur Forkopimda Sumut, dan secara virtual Bupati Toba, Poltak Sitorus, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Bupati Samosir, Vandiko T Gultom.

Hadir juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah, Hasmirizal Lubis, Kepala Dinas Kominfo, Ilyas S Sitorus, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan, serta OPD terkait lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.