Sukses

5 Danau Terindah di Indonesia yang Cocok Jadi 'Sweet Escape'

Dari banyaknya danau yang dimiliki Indonesia, berikut lima danau terindah yang cocok jadi tempat pelarian dari rutinitas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia memiliki beberapa danau yang menawarkan keindahan alamnya yang menawan. Danau di beberapa daerah di Indonesia juga sering kali menjadi destinasi yang diminati wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari banyaknya danau yang dimiliki Indonesia, berikut lima danau terindah yang cocok jadi tempat pelarian dari rutinitas. Apa saja?

1. Danau Habema, Jayawijaya

Gunung Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini juga merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang bersalju.

Tak hanya memiliki pesona puncak, gunung ini juga memiliki danau yang indah, yakni Danau Habema. Danau Habema sebenarnya memiliki nama asli Yuginopa.

Karena terletak di Pegunungan Jayawijaya, wisata Indonesia ini pun menjadi danau tertinggi di Indonesia, yakni lebih dari 3.300 Mdpl. Masyarakat Dani sebagai penduduk asli Jayawijaya percaya danau tersebut merupakan tempat keramat yang menjadi sumber kesuburan dan kehidupan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Danau Segara Anak, Gunung Rinjani

2. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani

Danau Segara Anak berlokasi di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Danau ini berada di ketinggian 2.010 Mdpl.

Danau ini memiliki luas mencapai 1.100 ha dengan kedalaman 230 meter. Selain itu, di sekitar danau juga terdapat kolam air panas alami.

Terdapat dua sumber air panas di Segara Anak, yaitu Aik Kalak dan Gua Susu. Para pendaki yang turun melalui jalur Hutan Torean biasanya akan bermalam di Gua Susu.

Gua Susu juga bisa disebut sebagai sauna alami sekaligus tempat para pendaki berendam pada malam hari. Selain itu, di lokasi tersebut juga diletakkan banyak sesajen umat Hindu.

3. Danau Sentani

Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektare. Danau ini terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua.

Danau ini juga merupakan danau terluas di tanah Papua. Pada momentum PON 2021, Danau Sentani ikut dipromosikan sebagai destinasi wisata unggulan di Papua.

 

3 dari 3 halaman

Danau Toba

4. Danau Toba

Berbicara tentang danau di Indonesia, tentu tak bisa mengabaikan keberadaan Danau Toba. Danau Toba berlokasi di Sumatera Utara dan menjadi danau vulkanik terbesar di Indonesia.

Keindahan Danau Toba juga telah dikenal hingga tingkat mancanegara. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke lokasi ini.

5. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan nama salah satu danau yang tak asing di telinga. Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, tentu sudah tidak asing lagi dengan Ranu Kumbolo.

Danau ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Ranu Kumbolo menjadi lokasi singgah ataupun tujuan utama bagi para pendaki Gunung Semeru.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.