Sukses

6 Makanan Khas Karawang, Unik dan Ramah di Kantong

Berikut deretan makanan khas Karawang yang wajib dicoba saat berkunjung ke sini

Liputan6.com, Karawang - Karawang memiliki julukan sebagai lumbung padi Jawa Barat. Hal ini lantaran daerah ini merupakan daerah penghasil beras. Namun, wilayah ini juga memiliki beragam kuliner khas yang lezat dan menarik.

Selain lezat, beberapa kuliner Karawang ini juga cukup ramah di kantong. Berikut deretan makanan khas Karawang yang wajib dicoba saat berkunjung ke sini:

1. Soto Tangkar

Konon, soto tangkar sudah ada sejak 1980-an.Satu porsi soto tangkar berisi kulit daging dan kikil yang disiram dengan kuah soto berwarna kekuningan.

Rasa gurih dari soto yang satu ini berasal dari berbagai rempah dan bumbu rahasia lainnya. Untuk memperkaya rasa, soto tangkar biasanya dilengkapi dengan perasan jeruk, sambal, dan emping. Tak lupa, beberapa lauk tambahan juga cocok untuk mendampingi sajian ini, seperti sate paru, babat, hingga perkedel.

2. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Jika Surabaya memiliki rawon, maka Karawang punya ikan gabus bumbu pucung. Kedua makanan ini sama-sama memiliki kuah berwarna hitam yang berasal dari kluwek.

Hanya saja, kuah makanan khas Karawang ini lebih encer ketimbang rawon. Soal rasa, keduanya memiliki cita rasa khasnya tersendiri.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soto Gempol

3. Soto Gempol

Soto gempol juga merupakan kuliner legendaris di Kabupaten Karawang. Ada berbagai pilihan topping daging, seperti daging sapi, ayam, babat, hingga usus. Biasanya, soto gempol dilengkapi dengan acar berupa wortel, bunga kol, dan mentimun.

4. Pepes Walahar

Sama seperti beberapa daerah di Jawa Barat, Karawang juga memiliki olahan kuliner yang diproses dengan cara dipepes. Sebuah warung yang terletak di dekat Bendungan Walahar menawarkan aneka jenis pepes, seperti pepes jambal, ikan mas, teri tahu, hingga oncom.

5. Jojongkong

Jojongkong merupakan camilan yang terbuat dari campuran beras, tepung ketan, kanji, dan garam. Campuran bahan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Biasanya, jojongkong diisi dengan parutan kelapa dan gula merah. Kue tradisional ini juga menjadi salah satu makanan legendaris di Karawang.

6. Kue Gonjing

Selain jojongkang, Karawang juga memiliki kue tradisional lainnya yang disebut gonjing. Kudapan ini terbuat dari campuran kelapa dan tepung.

Menariknya, kue yang juga menjadi salah satu makanan lawas Karawang ini bisa dinikmati dengan dua cara berbeda. Cara pertama dengan menambahkan taburan gula bubuk di atas kue gonjing, atau cara kedua dengan mencocok kue ke saus pedas.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.