Sukses

Yogyakarta Catat 21 Warisan Budaya Tak Benda Baru Sepanjang 2022, Apa Saja?

WBTB ini juga menjadi wujud nyata betapa masyarakat Yogyakarta masih melestarikan budaya aslinya hingga saat ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pada 2022, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi provinsi yang paling banyak mendapat sertifikat penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dari 200 WBTB yang ditetapkan tahun ini, Yogyakarta mencatatkan 21 WBTB.

Hal ini sekaligus menjadi bukti nyata Yogyakarta sebagai pusat budaya, terutama budaya Mataram. Tak hanya itu, WBTB ini juga menjadi wujud nyata betapa masyarakat Yogyakarta masih melestarikan budaya aslinya hingga saat ini.

Adapun penetapan dan pelestarian warisan budaya ini menjadi sesuatu hal penting karena menjadi salah satu bentuk promosi di mata dunia, baik dari segi pariwisata mapun kebudayaan. Selain itu, wisatawan juga bisa menjadi lebih sadar pentingnya memahami nilai suatu kebudayaan di daerah tertentu.

Pada 2022, sebanyak 718 usulan dari 34 Provinsi didaftarkan untuk dinilai menjadi WBTB Indonesia. Melalui sidang penetapan, sebanyak 200 usulan dari 32 provinsi pun resmi menjadi WBTB nasional.

Adapun pemberian status Budaya Tak Benda menjadi warisan budaya tak benda didasarkan pada lima domain, yakni tradisi dan ekspresi lisan, seni pertunjukkan, adat istiadat masyarakat, pengetahuan kebiasaan mengenai alam semesta, dan kemahiran kerajinan tradisional. Dari 200 WBTB tersebut, Yogyakarta menyumbang 21 WBTB.

Adapun 21 WBTB Yogyakarta tersebut, di antaranya:

Tradisi Lisan dan Ekspresi

1. Gerit-Gerit Lancung

2. Gobak Sodor Yogyakarta

 

Pengetahuan dan Kebiasaan Perilaku Mengenai Alam dan Semesta

3. Karangan

 

Tradisi Lisan dan Ekspresi

4. Aksara Jawa

5. Babad Pakualaman

 

Kemahiran dan Kerajinan Tradisional

6. Sayur Lodeh Yogyakarta

7. Jadah Manten

8. Legomoro

9. Jamu Yogyakarta

10. Bir Jawa

11. Sangga Buwana

12. Kembang Waru

13. Yangko

 

Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan

14. Pisungsung Jaladri

15. Pager Bumi Rebo Pungkasan

 

Seni Pertunjukan

16. Wayang Topeng Duwet

17. Antup

18. Bedhaya Sapta

19. Beksan Sekar Madura

20. Srimpi Muncar

21. Beksan Panji Sekar

 

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.