Sukses

Kaleidoskop 2022: Deretan Konser Musik yang Sukses Digelar di Yogyakarta 

Sempat digelar secara daring, sederet konser musik kembali digelar secara meriah di Yogyakarta pada 2022 ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Festival dan konser musik kembali digelar sepanjang tahun 2022 di Yogyakarta. Festival dan konser musik kembali digelar di Yogkarta seiring meredanya masa pandemi Covid-19.

Sempat digelar secara daring, sederet konser musik kembali digelar secara meriah di Yogyakarta pada 2022 ini.

Berikut kaleidoskop 2022, deretan festival dan konser musik yang digelar meriah sepanjang 2022 di Yogyakarta.

1. Prambanan Jazz Festivaal (PJF)

Prambanan Jazz Festival (PJF) 2022 kembali digelar dengan suka cita. Dua tahun sebelumnya, ajang ini tampil adanya secara hybrid atau secara online dan offline.

Masih bertempat di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, PJF 2022 akan digelar pada tanggal 1-3 Juli 2022. Mengusung tagline ‘Sewindu Merayakan Rindu’, Prambanan Jazz Festival ke-8 ini akan menghadirkan sederet musisi kawakan Tanah Air.

Adapun beberapa musisi Tanah Air yang bakal memeriahkan gelaran PJF 2022, di antaranya Kahitna, Kunto Aji, Diskoria, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Bemandry, Andien, Mus Mujiono x Deddy Dhukum x Everyday, dan masih banyak lagi.

Selain menyuguhkan sajian musik yang apik dari para line up yang ditampilkan pada tahun ini, dalam rangkaian Prambanan Jazz Festival selama tiga ada beberapa hal yang juga bisa dinikmati oleh para penonton sambil menyaksikan pertunjukan musik.

Di antaranya adalah seperti Pasar Kangen, Ikonser Corner, Mini Stage by Eventori, NFT Prambanan Jazz Festival dan masih banyak lagi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. JogjaROCKarta

Pencinta musik rock pasti tahu tentang JogjaROCKarta Festival. Setelah sempat terhalang pandemi, festival musik rock yang rutin diadakan tahunan ini akan kembali hadir pada 24-25 September 2022.

Jika sebelumnya penyelenggaraan festival ini berlangsung di Stadion Kridosono, tahun ini Jogjarockarta Festival 2022 akan digelar di Tebing Breksi Yogyakarta. Tebing Breksi Yogyakarta berlokasi di selatan Candi Prambanan, tepatnya di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Sejumlah musisi rock ternama hadir untuk memeriahkan acara ini. Daftar band Jogjarockarta 2022 pada hari pertama, The Hydrant, Serigala Malam, Makara, Superman is Dead, Grass Rock, Burgerkill, Sangkakala, Ahmad Band, hingga Deadsquad.

Sementara itu, pada hari kedua, kamu akan dimanjakan dengan penampilan dari Prison of Blues, The Melting Minds, Voice of Baceprot, Death Vomit, EDANE, Seringai, hingga Jamrud.

Selain penampilan para musisi di main stage, penyelenggara juga menyediakan dua panggung lain, yakni Arena Rock dan Panggung Petir. Deretan musisi yang tampil di panggung ini merupakan musisi dari Jateng dan DIY.

Namun tahun ini, gelaran Jogjarockarta hadir tanpa band dari luar negeri. Tahun ini, Jogjarockarta Festival hanya diisi band dari dalam negeri, termasuk beberapa band daerah.

Tidak adanya kehadiran band dari luar negeri kali ini bukan tanpa alasan. Hoobastank akan menjadi band luar yang memeriahkan Jogjarockarta batal hadir lantaran kaki sang gitaris, Dan Estrin, patah saat melakukan persiapan ke Indonesia.

3. The Wild Dream Tour Westlife

Westlife siap menyapa Indonesia kembali dengan tur konsernya bertajuk “The Wild Dreams Tour” yang berlangsung di tiga kota yaitu Sentul Bogor, Surabaya dan yang terakhir di Yogyakarta. Rajawali Indonesia sebagai promotor yang menggelar konser Westlife pada hari Minggu (2/10) di lapangan Brahma Candi Prambanan.

Hal menarik dari konser Westlife "The Wild Dreams Tour", All The Hits! yang diselenggarakan di candi Hindu terbesar di Indonesia ini adalah waktunya yang bertepatan dengan “Hari Batik Nasional”. Promotor menghimbau untuk seluruh penonton maupun panitia yang terlibat untuk dapat merayakan kemeriahan konser ini dengan menggunakan pakaian batik sebagai gerakan pelestarian warisan budaya Indonesia.

Sayangnya cuaca buruk terjadi jelang gelaran konser Westlife. Hujan tidak berhenti mengguyur kawasan venue, memaksa konser berjalan apa adanya tanpa penerangan apapun.

 

3 dari 3 halaman

4. Ngayogjazz

Gelaran Festival Jazz Ngayogjazz kembali hadir setelah dua tahun diadakan secara daring karena pandemi. Pada tahun 2022 ini, Ngayogjazz hadir dan dapat disaksikan secara langsung.

Tahun ini, Ngayogjazz digelar di Padukuhan Cibuk Kidul, Kalurahan Margoluwih, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (19/11). Ngayogjazz 2022 mengusung tagline "Kena Jaaz-e, Tetep Bening Banyune".

Tagline ini diambil dari falsafah Jawa "Kena Iwak-e, Tetep Bening Banyune" yang artinya menangkap ikan tapi jangan membuat keruh airnya. Falsafah ini kontekstual di jaman sekarang ini.

Di mana manusia terkadang khilaf hanya mementingkan diri sendiri, merugikan orang lain bahkan lingkungan sekitar. Kekhasan dari Ngayogjazz adalah menghadirkan musik jazz di tengah di desa dengan segala kearifan lokalnya.

Tahun ini, Padukuhan Cibuk Kidul, Kalurahan Margoluwih, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta (DIY) menjadi lokasi penyelenggaraan festival musik Ngayogjazz. Kehadiran di tengah desa, menjadikan Ngayogjazz bukan hanya sekedar konser.

Namun gelaran Ngayogjazz menjadi peristiwa budaya yang penuh nilai. Ngayogjazz 2022 ini akan diramaikan dengan penampilan antara lain dari Barry Likumahuwa Jazz Connection, NonaRia x Dua Empat, Monita Tahalea, Kua Etnika ft Bonita.

Sedangkan musisi dari luar negeri yang akan tampil antara lain, SanDrums x Sri Hanuraga ft Rodrigo Parejo (Spanyol), NJJO & Maarten Hogenhuis (Belanda) dan Gaga Gundul (Pemai - Prancis dan Gayam 16- Indonesia).

5. Slank: Beautiful Smile Indonesia

Konser peringatan Ulang Tahun ke-39 Slank yang digelar di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (17/12/2022) dipadati ribuan slanker dari berbagai daerah. Bertajuk 'Beautiful Smile Indonesia', konser ini juga sebagai penutup rangkaian tur Slank di lima kota pada 2022.

Pada gelaran konser di Yogyakarta ini, Slank merilis single baru yang berjudul 'Ngono Yo Ngono Tapi Ojo Ngono'. Lagu baru Slank ini menggunakan campuran bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa.

Seperti lagu-lagu Slank yang lainnya, single baru juga bermula dari kegelisahan anggota grup band legendaris Indonesia ini. Lagu Ngono Yo Ngono Tapi Ojo Ngono ini sengaja mereka ciptakan untuk kritik terhadap kondisi saat ini.

Grup band legendaris Indonesia ini tampil dengan formasi lengkap yakni, Bimbim (drum), Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho dan Abdee (gitar). Mereka mengajak Slankers untuk bersama-sama merayakan ultah Slank ke-39 ini.

Selain menggelar konser, Slank dan Bank Jateng berkolaborasi untuk mencanangkan kick-off gerakan memajukan UKM dengan tema Slankpreneur. Agar gerakan Slankpreneur tidak berhenti pada seremonial, promotor Tour Slank dan Bank Jateng sudah memulai tahap rekrutmen, mitigasi, edukasi dan penyaluran pendanaan usaha. Secara bertahap dilakukan evaluasi dan rekrutmen tahap 2 dan 3

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.